Pastikan PPDB Online Jalur Zonasi Lancar, Mas Pj Wali Kota Mojokerto Tinjau Posko PPDB  

gambar utama
Pj Wali kota Mojokerto Moh. Ali Kuncoro saat meninjau Posko PPDB di SMPN 1 Kota Mojokerto-jen
Kota Mojokerto-GEMA MEDIA: Pj Wali kota Mojokerto Moh. Ali Kuncoro meninjau posko PPDB (Penerimaan Peserta Didik Baru) di SDN Wates 3 dan SMPN 1 Kota Mojokerto, Jumat (14/6/2024). Pihaknya ingin memastikan serangkaian proses PPDB berjalan lancar.


Perlu diketahui, pendaftaran dibuka secara serentak mulai dari jenjang TK, SD, hingga SMP negeri. Pendaftaran dibagi menjadi dua tahapan. Pertama, jalur non-zonasi telah dibuka tanggal 3-5 Juni lalu. Kedua, jalur zonasi akan dibuka 24-27 Juni mendatang.


"Alhamdulillah, jalur non-zonasi sudah selesai dan hari ini adalah pengumuman. Berikutnya akan dibuka jalur zonasi yang juga akan dilakukan secaraonline, sehingga mudah, cepat, dan akurat,’’ ujar Ali Kuncoro.

PJ. saat meni jau Posko PPDB di SDN 3 Wates Kota Mojokerto-jen


Agar semakin memudahkan pelayanan pendaftaran, Dikbud dan masing-masing sekolah juga membuka posko PPDB. Ini utamanya ditujukan bagi masyarakat dan calon peserta didik yang terkendala saat melakukan pendaftaran atau membutuhkan informasi lebih lanjut terkait PPDB.


"Misal ingin mendaftar tingkat SMP, wali murid atau calon peserta didik jika menemui kendala bisa mendatangi SD-nya atau SMP yang dituju untuk bisa mendapat bantuan," terang sosok yang akrab disapa Mas Pj ini.

Lebih lanjut, Mas Pj juga memastikan bahwa semua masyarakat bisa memperoleh pelayanan terbaik dan peserta didik juga mendapatkan sekolah sesuai dengan yang diharapkan.

"Semua warga kota bisa masuk di sekolah kota. Terutama untuk SMP, sesuai perhitungan kami, jumlah lulusan SD baik negeri atau swasta, MI, Pondok, yang warga kota, dibandingkan dengan kapasitas rombel kami di SMP negeri akan cukup," ujar Mas Pj.


Lebih detail, Sekretaris Dikbud Nara Nupiksaning Utama memaparkan, tahun ini, dari 9 SMP negeri membuka kuota sebanyak 2.112 siswa yang tersebar dalam 66 rombongan belajar (rombel). Berikutnya, di jenjang SD negeri dengan total kuota sebanyak 1.372 siswa yang dibuka di 49 rombel. Sedangkan jenjang TK negeri menyediakan pagu 119 siswa dari 7 rombel.


"Untuk jalur zonasi dengan daya tampung sebesar 65 persen yang dibagi menjadi 3 wilayah zona," tambahnya.


Untuk zona I mencakup wilayah Kelurahan Balongsari, Gunung Gedangan, Wates, Kedundung, Meri, Sentanan, Jagalan, serta Miji Baru. Calon pendaftar yang berdomisili pada alamat tersebut berhak mendaftar di SMPN 1, SMPN 5, SMPN 7, dan SMPN 9 Mojokerto.


Sedangkan di zona II calon peserta didik dapat memilih mendaftar di SMPN 2 dan SMPN 6 Mojokerto, yang mencakup wilayah Kelurahan Purwotengah, Gedongan, Kauman, Mentikan, Pulorejo, dan Magersari.


Sementara zona III meliputi dari Kelurahan Kranggan, Prajurit Kulon, Blooto, Surodinawan, serta Miji. Calon peserta didik dapat memilih mendaftar di SMPN 3, SMPN 4, dan SMPN 8 Mojokerto.(dit/an)

Bagikan berita ini:

Berita Terkait: