Peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia, DLH Gelar Cleanup Hingga Tanam Pohon di Sekitar TPA Randegan

gambar utama
Amin Wachid dan tim tanam pohon di sekitar area TPA Randegan-eL
Kota Mojokerto-GEMA MEDIA : Memperingati Hari Lingkungan Hidup Sedunia, Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Mojokerto melakukan sejumlah aksi kepedulilan lingkungan yang dipusatkan di TPA (Tempat Pemrosesan Akhir) Randegan, Kelurahan Kedundung, Kecamatan Magersari, Rabu (5/6/2024).

Beragam aksi tersebut antara lain kerja bakti bersih-bersih atau cleanup, menanam pohon, dan mendaur ulang sampah plastik dan cek kesehatan bagi peserta kegiatan. Kegiatan tersebut juga diikuti oleh Dinkes PPKB, TAGANA (Dinsos PPPA), DKPP, Dinas PUPR, jajaran di Kecamatan Magersari, Forum Kota Sehat (FKS), dan Bank Sampah Induk (BSI).

Usai kerja bhakti membuat pot dari galon bekas air mineral-an


"Pada peringatan Hari Lingkungan Hidup sedunia ini bagian dari upaya untuk memperkenalkan lagi TPA Randegan sebagai tempat pengelolaan sampah, " ujar Kepala DLH Amin Wachid.
Pemusatan kegiatan kali dipilih di TPA Randegan, karena pihanya ingin kembali mengedukasi masyarakat bahwa TPA adalah Tempat Pemrosesan Akhir. Sebab masih banyak masyarakat yang menganggap TPA sebagai Tempat Pembuangan Akhir.Adanya pemahaman yang tepat diharapkan dapat mengubah perilakuk masyarakat. Yakni, dapat melakukan pengurangan dan pengelolaan sampah agar tidak berakhir menumpuk di landfill. Sehingga dapat mengurangi pencemaran tanah dan air di sekitar lokasi TPA.

Simbolis penyerahan bibit pohon dari ATR/BPN Kota Mojokerto kepada DLH Kota Mojokerto-EL


Dengan demikian, pengelolaan sampah yang tepat ini menjadi salah satu upaya untuk merestorasi lahan. Sebagaimana peringatan Hari Lingkungan Sedunia tahun ini mengusung tema Restorasi Lahan, Penggurunan, dan Ketahannan terhadap Kekeringan.Selain itu, upaya dapat juga dilakukan dengan menanam pohon. DLH menanam puluhan pohon jenis Sono dan Bambu di sekitar area TPA yang berbatasan langsung dengan tempat tinggal masyarakat.

"Harapannya ini juga bisa berfungsi sebagai sabuk hijau yang bisa meningkatkan estetika lingkungan dan pencegahan bau dan lalat ke pemukiman warga yang berlokasi di sekitar TPA," tambah Amin.Tidak hanya instansi di lingkungan Pemkot, ATR/BPN juga turut serta dengan menyerahkan sebanyak 25 bibit pohon, yang terdiri dari jenis Mahoni, Beringin, dan Tanjung. "Ini adalah wujud kami untuk ikut menghijaukan Bumi," tutur Kepala Sub Bagian Tata Usaha Arie Sulistyowati.(EL/an)
Bagikan berita ini:

Berita Terkait: