Rekomendasi Aktivitas Produktif "Long Weekend" Di Rumah Saja

gambar utama
Memanfaatkan waktu luang dengan berolahraga-dok
Kota Mojokerto-GEMA MEDIA: Pemerintah menetapkan Kamis, 9 Mei 2024, sebagai hari libur nasional memperingati Hari Kenaikan Yesus Kristus.

Tidak hanya Kamis, menurut Surat Keputusan Bersama (SKB) 3 Menteri, Jumat 10 Mei 2024 juga ditetapkan sebagai libur cuti bersama.

Bagi pelajar dan pekerja yang libur reguler setiap hari Sabtu dan Minggu, maka dapat merasakan libur panjang (long weekend) pada 9 sampai 12 Mei 2024.

Selain menikmati liburan di alam atau tempat wisata, ada berbagai aktivitas produktif lainnya yang bisa dilakukan di rumah untuk mengisi long weekend.


Olahraga


Meski long weekend hanya di rumah saja, bukan berarti bermalas-malasan, tetap lakukan olahraga untuk menjaga kesehatan dan kebugaran badan. Olahraga ringan hingga berat pun dapat dilakukan dengan mudah meski di rumah.

Dengan menjaga fisik tetap bugar, tidak hanya dapat menikmati liburan dengan lebih baik, tetapi juga meraih manfaat kesehatan jangka panjang.


2. Ikut kelas online


Meski di rumah saja tetap bisa mengasah ilmu dengan mengikuti kelas online. Diantara banyaknya platform yang menawarkan berbagai tema dalam pelatihannya, pilihlah yang sesuai dengan passion.

Selain dapat menambah keterampilan, dengan mengikuti kelas online juga bisa menjadi ajang menambah relasi dan teman baru.


Membaca buku


Membaca buku mungkin akan terasa membosankan bagi mereka yang tidak memiliki hobi membaca. Namun bagi yang hobi membaca, long weekend dapat menjadi kesempatan untuk lebih banyak membaca buku-buku yang disukai.

Apalagi di era teknologi informasi saat ini untuk membaca buku tidak harus datang langsung ke perpustakaan, namun dapat memanfaatkan perpustakaan digital yang dapat diakses dalam gadget masing-masing.


Berkebun


Tidak harus memiliki lahan yang luas, dengan lahan kecil di rumah juga dapat dimanfaatkan untuk berkebun. Selain bisa menambah nilai estetik, memiliki kebun di rumah juga membuat rumah terlihat lebih sejuk dan asri, serta membantu mengurangi masalah perubahan iklim di Indonesia.

Tidak hanya itu, berkebun juga bagus bagi kesehatan badan maupun pikiran, dengan berkebun tubuh akan bergerak serta dapat melepas stres.


5. Membersihkan rumah


Libur long weekend juga bisa menjadi kesempatan untuk membersihkan rumah lebih detail, bukan hanya sekedar menyapu dan mengepel lantai. Namun juga bisa dimanfaatkan untuk membersihkan kamar tidur, kamar mandi, ruang tamu, dapur, bahkan halaman rumah.

Jika dilakukan dengan hati yang riang, aktivitas membersihkan rumah merupakan kegiatan yang menyenangkan dan dapat menyegarkan pikiran. Selain membuat rumah lebih nyaman karena rapi, rumah yang bersih juga baik untuk kesehatan.

Selain kegiatan-kegiatan tersebut, masih banyak aktivitas lainnya yang dapat dilakukan untuk mengasah otak maupun fisik yang membuat long weekend semakin produktif.(dit/an)
Bagikan berita ini:

Berita Terkait: