Kota Mojokerto Jadi Satu-satu Nya Daerah Di Jatim Yang Memiliki Rumah RJ Di Setiap Kelurahan

gambar utama
Ning Ita memukul gong tanda launching rumah Restorative Justice di seluruh Kelurahan se-Kota Mojokerto-zan

Kota Mojokert-GEMA MEDIA: Kota Mojokerto saat ini menjadi satu-satunya Kabupaten/Kota di Jawa Timur yang memiliki satu Kelurahan satu Rumah Restorative Justice (RJ). Hal ini usai Wali Kota Mojokerto Ika Puspitasari melaunching Rumah RJ di 17 Kelurahan di Kota Mojokerto.


Launching serentak 17 Rumah RJ di Kota Mojokerto dilakukan di Pendopo Sabha Kridatama Rumah Rakyat, jalan Hayam Wuruk No.50, pada Kamis (31/3/2022).Diketahui, sebelumnya Kelurahan Kranggan Kota Mojokerto telah lebih dulu dijadikan sebagai Pilot Project Rumah RJ untuk Jawa Timur.


"Hari ini lunas 100 persen 18 Kelurahan sudah memiliki Rumah RJ, kita harus bangga insyallah Kota Mojokerto satu-satunya di Jawa Timur yang sudah ada Rumah RJ di tiap Kelurahan," ungkap Ning Ita sapaan akrab Wali Kota Mojokerto usai menghadiri Launching serentak Rumah RJ se - Jawa Timur secara virtual oleh Kepala Kejaksaan Tinggi Negeri Jawa Timur.

Ning Ita dan jajaran Forkopimda Kota Mojokerto saat launching rumah Restorative Justice Kelurahan-zan



Lebih lanjut Petinggi Pemkot Mojokerto tersebut sangat mengapresiasi lahirnya inovasi Rumah RJ yang diinisiasi oleh Kejaksaan Agung tersebut.Menurutnya, adanya Rumah RJ yang bertujuan bagaimana penyelesaian perkara hukum yang lebih mengedepankan musyawarah mufakat, sangat sesuai dengan kondisi di Kota Mojokerto.


Sebagai satu- satu nya nya daerah di Jawa Timur yang mendapatkan penghargaan Harmony Award dari Kementerian Agama pada akhir tahun 2020 lalu, dijelaskan Ning Ita jika kemudian 18 Kelurahan semuanya memiliki Rumah RJ maka akan sangat membantu proses - proses hukum kategori ringan akan bisa diselesaikan dengan musyawarah mufakat.
"Ini tentu akan sangat mendukung bagaimana menjaga harmonisasi di Kota Mojokerto ini akan terus berlangsung kedepanya," jelasnya.


Ditambahkan Ning Ita, seluruh tokoh agama, tokoh adat, dan Lurah juga memiliki peran yang cukup strategis dalam rangka menjaga kondusifitas di masing- masing Kelurahan di seluruh Kota Mojokerto.


"Kekuatan Kota Mojokerto tidak lepas dari kolaborasi dan sinergi yang baik antara Forkopimda, Tokoh agama, Tokoh masyarakat, juga Komunitas- komunitasnya, terimakasih untuk semuanya," imbuh Ning Ita.
Turut hadir dalam launching Rumah RJ, Ketua DPRD Kota Mojokerto Sunarto, Kajari Kota Mojokerto Hadiman, Kepala BNN Kota Mojokerto AKBP Suharsi, Wakapolres Mojokerto Kota Kompol Sarwo Waskito, serta Pasi. Intel Kodim 0815 Mojokerto Lettu Cba. Kurniawan Junaidi. (dit/an)
Bagikan berita ini:

Berita Terkait: