Peserta Sosialisasi
Wali Kota Mojokerto didampingi Plt Kepala Dinas DPMPTSP Kota Mojokerto dan Narasumber dari Kejaksaan Negeri Kota Mojokerto. (Foto-Jendoel)

Mojokerto- Gema Media – Demi mewujudkan kesamaan persepsi antara pemerintah, pelaku usaha, serta masyarakat, Pemkot Mojokerto mengadakan Sosialisasi Pedoman Penyelenggaraan Reklame. Kegiatan tersebut dilaksanakan melalui Dinas Penanaman Modal, Perizinan, dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu & Tenaga Kerja (DPMPTSP Naker), dengan diikuti sebanyak 100 peserta.

Para peserta terdiri dari pelaku usaha dan reklame serta unsur masyarakat dari Kecamatan Kranggan. Kegiatan yang dibagi menjadi dua sesi ini (Senin-Selasa, 22-23 November 2021) diselenggarakan di Pendopo Sabha Kridatama Rumah Rakyat Kota Mojokerto.

“Reklame ini sebagai salah satu media promosi yang cukup efektif. Tapi tentu pemasangannya tidak bisa sembarangan. Pemerintah punya ketentuannya. Jadi di sini biar ada sinkronisasi antara kami dan panjenengan”, ujar ning Ita, Selasa pagi (23/11/2021).

Perlu diketahui bahwa keberadaan ketentuan yang telah disusun dalam hal tersebut antara lain dimaksudkan untuk memberikan kepastian hukum terhadap penyelenggaraan reklame, menata reklame agat selaras dengan ketentuan tata ruang, engendalikan reklame agar sesuai dengan estetika dan kelestarian lingkungan, serta meningkatkan pendapatan asli daerah (PAD).

Sosialisasi Pedoman Penyelenggaraan Reklame dan Berizin Mendirikan Bangunan. (Foto- Jendoel)

Apabila tujuan tersebut tercapai, tentu saja kedepannya yang akan diuntungkan adalah masyarakat. Seperti salah satu contoh yang disampaikan Ning Ita berikut,

“Lokasinya ditentukan, ukuran dan modelnya kami seragamkan, kemudian ada aksen khas Mojopahit, hal itu untuk menjaga estetika tata ruang Kita Mojokerto agar tetap indah”.

Lebih lanjut pihaknya menjelaskan, dengan tata ruang yang baik, tentu akan berpengaruh pada kenyamanan baik warga masyarakat Kota Mojokerto maupun wisatawan. Dengan makin banyak pengunjung, iklim investasi meningkat, tentu kemudian yang diuntungkan adalah warga Kota Mojokerto. (EL/Jen)

Print Friendly, PDF & Email