Ning Ita membacakan Nota Keuangan dan Raperda tahun 2022-jen

Kota Mojokerto-GEMA MEDIA: Wali Kota Mojokerto, Ika Puspitasari membacakan Nota Keuangan dan Raperda APBD tahun 2022 dalam rapat paripurna DPRD Kota Mojokerto yang dilaksanakan di Gedung DPRD Kota Mojokerto, Senin (22/11/2021).

Pada penyusunan Raperda APBD Tahun 2022, pihaknya menyebutkan bahwa alokasi anggaran akan diselaraskan dengan RPJMD Tahun 2018-2023 serta RKPD Tahun 2022.

“Secara umum penyusunan rancangan anggaran  akan diorientasikan untuk pemulihan ekonomi dan reformasi pelayanan dasar, penguatan SDM, dan pembangunan infrastruktur berkelanjutan,” jelasnya.

Sunarto (memakai blangkon) memimpin jalannya sidang paripurna DPRD Kota Mojokerto-jen

Sebagai informasi, agenda yang dilakukan oleh Ning Ita tersebut  dalam rangka menunaikan Peraturan Pemerintah Nomor 12 Tahun 2019 tentang Pengelolaan Keuangan Daerah, Pasal 104 yang menyatakan bahwa Kepala Daerah wajib mengajukan Rancangan Perda tentang APBD disertai penjelasan dan dokumen pendukung kepada DPRD paling lambat 60 (enam puluh) hari sebelum 1 (satu) bulan tahun anggaran berakhir untuk memperoleh persetujuan bersama antara Kepala Daerah dan DPRD.

Sekdakot dan undangan rapat paripurna DPRD Kota Mojokerto-jen

Sementara itu, sebagaimana diketahui penyusunan APBD merupakan salah satu agenda rutin daerah sebagai bagian dari tahapan sistem pengelolaan keuangan. Hal tersebut dalam rangka terlaksananya penatausahaan keuangan daerah secara optimal, transparan dan akuntabel serta disusun berdasarkan ketentuan Peraturan Perundang-undangan yang berlaku. (EL/an)

 

 

Print Friendly, PDF & Email