Ning Ita mengapresiasi hil karya anak-anak SLB, yang akan disinergikan dengan Dekranasda-jen

Kota Mojokerto-GEMA MEDIA: Wali Kota Mojokerto, Ika Puspitasari,  mengapresiasi beragam produk kerajinan hasil karya siswa SLB (Sekolah Luar Biasa) ACD Pertiwi. Lebih lanjut, sosok yang akrab disapa Ning Ita tersebut bahkan siap membantu proses pemasaran produk tersebut sehingga dapat dijangkau oleh kalangan yang lebih luas.

“Akan coba kami sinergikan dengan Dekranasda. Agar kedepan produk-produk yang dihasilkan bisa di-display di Mall publik GMSC”, ujar Ning Ita dalam kunjungannya ke SLB ACD Pertiwi, Jumat pagi (19/10/2021).

Didampingi Kadinas Dikbud Ning Ita menyerahkan bantuan kepada siswa SLB-jen

Sejumlah produk yang dihasilkan, diantaranya seperti kerudung sulam pita, konektor masker, serta beragam aksesoris seperti kalung, gelang, dan bros. Ning Ita menilai kerajinan kriya mereka tidak kalah berkualitas dengan produk UMKM sejenis yang dihasilkan non-difabel.

Selain untuk memperluas jangkauan pemasaran, hal tersebut juga sebagai bukti bahwa kalangan di tabel pun dapat berdaya. Sehingga tidak seharusnya mereka dipandang sebelah mata.

Salah satu pengajar di SLB, Yuli, menjelaskan bahwa pengembangan kompetensi siswa dalam hasta karya. Selain membantu melatih pengembangan motorik dan konsentrasi siswa, pembelajaran tersebut diharapkan bisa menjadi bekal di masa mendatang.

“Harapannya ini juga bisa menjadi skill yang membantu mereka kedepannya. Agar mereka bisa mandiri, tidak terus bergantung di orang-orang sekitar”, ujarnya saat ditemui di sela-sela kegiatan.

Kunjungan yang dilakukan oleh Ning Ita termasuk dalam rangkaian agenda rutin Jumat Berkah. Dalam kesempatan tersebut, para siswa SLB juga menerima shadaqah yang sudah dikumpulkan oleh tim UPZ Kids SDN Kranggan 1-5, Kota Mojokerto.

“Kami ingin UPZ Kids dapat menjadi media edukasi bagi siswa sedari dini, terutama untuk bisa berempati dan saling tolong-menolong”, pungkasnya.

Sebagai informasi, SLB ACD “Pertiwi”, yang berlokasi di Kranggan Gg. 1 No. 19 Kelurahan Kranggan, menyediakan pendidikan formal bagi siswa-siswa tuli dan tuna grahita mulai dari tingkat TKLB hingga SDLB. (EL/an)

 

 

Print Friendly, PDF & Email