Sosialisasi Kawasan Tanpa Rokok di lingkungan Pemkot Mojokerto-jen

Kota Mojokerto – GEMA MEDIA ; Dalam rangka optomalisasi penerapan Kawasan Tanpa Rokok (KTR) di Kota Mojokerto, Dinas Kesehatan, Pengendalian Penduduk, dan Keluarga Berencana (DinkesPPKB) mengadakan penguatan kapasitas dari OPD (Organisai Perangkat Daerah)dan pihak terkait lainya dengan penerapan KTR di Kota Mojokerto. Selasa (16/11/2021).

Acara yang dilaksanakan di Ruang Shappire 2, Ayola Hotel, Jl. Benteng Pancasila No. 9, Kecamatan Magersari, Kota Mojokerto ini dihadiri secara langsung oleh Wali Kota Mojokerto Ika Puspitasari.

Dalam sambutan pengarahanya, Ning Ita sapaan akrab Wali Kota meminta seluruh OPD dan instansi terkait, untuk berkomitmen turut mensukseskan KTR di Kota Mojokerto yang telah tertuang dalam Peraturan Daerah (Perda) nomor 7 tahun 2018.

dari kiri : KadinkesP2KB, Walikota, Sekdakot dan narasumber-jen

 

“Pemkot Mojokerto sudah membuat Perda nomor 7 tahun 2018, artinya sejak tiga tahun yang lalu kota Mojokerto sudah memiliki komitmen penerapan KTR ini. Kemudian juga sudah kami tindak lanjuti melalui Perwali nomor 10 tahun 2021” ujarnya.

Perwakilan OPD Pemkot yang sedang mengikuti sosialisasi-jen

Lebih lanjut melalui forum yang dihadiri perwakilan seluruh OPD serta beberapa instansi terkait, salah satunya Kemenag Kota Mojokerto ini. Dirasa cukup strategis dalam mendukung terealisasinya Perwali nomor 10 tahun 2021 tentang KTR tersebut.

Sedikitnya ada tiga lokus yang akan direalisasikan menjadi Kawasan Tanpa Rokok (KTR) di Kota Mojokerto, diantaranya Fasilitas Layanan Kesehatan, Lembaga Pendidikan, serta Kantor Pemerintahan di lingkungan Pemkot Mojokerto.

 

“Sebenarnya KTR ini satu kewajiban ya untuk di selenggarakan. Maka bagaimana itu bisa terlaksana dengan baik dibutuhkan sinergi seluruh pihak terkait” terangnya.

Wali Kota Perempuan pertama di kota Mojokerto ini juga berharap, tidak hanya OPD dan Instansi di bawah jajaran Pemkot Mojokerto saja yang mendukung terwujudnya KTR, melainkan juga di bawah naungan Kementerian Agama.

Turut hadir mendampingi Ning Ita dalam kesempatan tersebut, Sekretaris Daerah Kota Mojokerto Gaguk tri Prasetyo, Plt. Kepala DinkesPPKB Hariyanto.

Serta turut mengundang Kepala Bidang P2P Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Timur, drg. MVS. Mahanani, M.Kes, sebagai Narasumber. (dit/an)

 

 

Print Friendly, PDF & Email