Wali Kota Mojokerto Ika Puspitasari Bersama Panitia HKN ke-57 dan Forkopimda Kota Mojokerto. (Foto-Jendoel)

Mojokerto-Gema Media – Tidak bisa dipungkiri bahwa keberadaan berbagai pelaku di bidang kesehatan memiliki peran yang begitu vital dalam mewujudkan Kota Mojokerto hingga bisa masuk PPKM level 1. Wali Kota Mojokerto, Ika Puspitasari, yang sadar betul akan hal tersebut, mengungkapkan apresiasinya dalam puncak peringatan Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-57. Sabtu pagi (13/11/2021).

“Atas berbagai upaya dan kontribusi yang telah diberikan oleh tenaga kesehatan, lembaga kesehatan, organisasi profesi yang luar biasa. Maturnuwun, dari saya secara pribadi maupun atas nama pemerintah Kota Mojokerto”, ujar sosok yang akrab disapa Ning Ita tersebut.

Selain itu, selama kurang lebih 2 tahun ke belakang ini, memang telah banyak yang dikorbankan para tenaga kesehatan (Nakes) dalam menangani Covid-19, tidak hanya keringat, darah, air mata, tapi juga nyawa. Oleh karenanya, perlu suatu upaya agar pengorbanan tersebut tidak percuma.

Ning Ita memberikan penghargaan kepada RSUD Wahidin Sudiro Husodo yang di terima langsung oleh Direktur RSUD. (Foto- Jendoel)

“Tentu kita ingin pengorbanan ini tidak menjadi sia-sia. Saya tidak pernah berhenti atau lelah, meminta masyarakat bahwa prokes adalah kunci bagi kita semua, agar terbentengi dari Covid-19”, ungkap Ning Ita dalam sambutannya.

Pihaknya menekankan, meskipun saat ini tingkat keterpaparan Covid-19 di Kota Mojokerto sudah sangat landai, serta mayoritas masyarakat sudah menerima vaksinasi, aktivitas protokol kesehatan bukan berarti boleh diabaikan. Justru prokes sudah seharusnya menjadi bagian dari budaya di masyarakat. Prokes dan PHBS (Pola Hidup Bersih dan Sehat), tidak hanya mencegah Covid-19, melainkan juga berbagai penyakit lainnya.

“Untuk masyarakat Kota Mojokerto saya berpesan, bahwa pola hidup bersih dan sehat dan terus menerapkan protokol kesehatan kapanpun dan dimanapun berada, jadikan itu sebagai perilaku hidup sehari-hari kita,” imbuhnya.

Selain itu, apresiasi juga diberikan oleh Pemkot Mojokerto berupa penghargaan kepada sejumlah Nakes dari berbagai Rumah Sakit/Puskesmas di lingkungan Kota Mojokerto atas dedikasinya dalam menangani pandemi Covid-19.

Perlu diketahui, puncak peringatan HKN ke-57 dengan tema “Sehat Negeriku, Tumbuh Indonesiaku.”¬†¬†Diawali dengan kegiatan Gowes Bareng Ning Ita yang berangkat dari RSUD Wahidin Sudiro Husodo menuju Sabha Kridatama Rumah Rakyat Kota Mojokerto. Kemudian dilanjutkan dengan beragam kegiatan, diantaranya pertunjukkan dari para Nakes, penyerahan penghargaan dan hadiah lomba, serta pengundian doorprize. (EL/Jen)

Print Friendly, PDF & Email