Home Text News Kesehatan Puluhan Ribu Warga Kota Mojokerto Telah Mendapat Jaminan Kesehatan Dari Pemkot 

Puluhan Ribu Warga Kota Mojokerto Telah Mendapat Jaminan Kesehatan Dari Pemkot 

Forum Monitoring dan Evaluasi Pelaksanaan Universal Health Coverage (UHC) di Kota Mojokerto Tahun 2021 yang di pimpin oleh Sekretaris Daerah Kota Mojokerto Gaguk Tri Prasetyo. (Foto-Fauzan)

Mojokerto-Gemamedia- Tepatnya sebanyak 53.019 jiwa atau 99,14 persen dari total warga Kota Mojokerto telah terdaftar dalam PBIJK (Penerima Bantuan Iuran Jaminan Kesehatan). Data tersebut sempat disebutkan oleh Gaguk Tri Prasetyo, Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Mojokerto dalam, Jumat sore (12/11/2021).

Pihaknya menegaskan, pencapaian tersebut merupakan bukti keseriusan pemerintah Kota Mojokerto untuk memberikan pelayanan kesehatan yang terjangkau bagi warga Kota Mojokerto.

“Lebih dari 99 persen warga kota Mojokerto sudah ke-cover, itu menunjukkan suatu semangat dari pemkot untuk memberikan perlindungan kesehatan kepada warga kota Mojokerto”, ujarnya pada kesempatan tersebut, mewakili Wali Kota Mojokerto yang berhalangan hadir.

Namun, pihaknya juga mengakui bahwa masih ada sejumlah persoalan di lapangan terkait verifikasi data PBIJK. Oleh karenanya, keberadaan forum monitoring dan evaluasi yang diselenggarakan di ruang rapat Sabha Mandala Madya Pemerintah Kota Mojokerto menjadi sangat penting.

Sekdakot Mojokerto (tengah), Kepala Dinas Kesehatan Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (kanan), Kabid Pelayanan Kesehatan DinkesP2KB (kiri). (Foto-Fauzan)

Diharapkan melalui kehadiran pihak-pihak terkait, dapat muncul solusi atas kendala yang ada dalam program JKN-KIS tersebut, yang mana tujuan akhirnya tentu saja demi peningkatan kinerja pelayanan kesehatan bagi warga Kota Mojokerto.

“Harapan kami, antara Dinas Sosial, Dinas Kesehatan, Dispendukcapil, dan BPJS, serta di support OPD yang terkait perlu melakukan verifikasi secara rutin, sehingga bisa mudah didapat data-data peserta aktif secara pasti saat dilakukan verifikasi,” pungkas Sekda Kota Mojokerto, yang sekaligus membuka forum tersebut. (EL/Jen)

Print Friendly, PDF & Email