Walikota Mojokerto bertindak selaku Inspiktur Upacara dalam rangka Hari Pahlawan-jen

Kota Mojokerto-GEMA MEDIA :Pemerintah Kota Mojokerto menggelar upacara pengibaran bendera merah putih di halaman kantor Pemkot Mojokerto dalam rangka memperingati Hari Pahlawan tahun 2021, Rabu (10/11/2021).

Pada kegiatan tersebut, Wali kota Mojokerto, Ika Puspitasari bertindak sebagai inspektur upacara. Sementara yang bertugas sebagai komandan upacara  adalah Kapten Inf. Wahyudi.

Selain dilakukan pengibaran bendera merah putih serta pembacaan teks Pancasila dan Pembukaan UUD 1945, yang menjadi khas dalam upacara tersebut adalah adanya pembacaan pesan-pesan pahlawan Nasional. Diantaranya terdapat Ki. Hajar Dewantara, Moh. Yamin, dan Ir. Seokarno.

TNI dan Polri turut serta upacara di halaman pemkot Mojokerto-an

Tahun ini peringatan Hari Pahlawan mengusung tema “Pahlawanku Inspirasiku”. Artinya, dalam keseharian masyarakat Indonesia, penting untuk dapat meneladani semangat, tekad, dan keyakinan dari pahlawan.

Dengan sifat-sifat tersebut, pahlawan mampu berjuang merebut kembali kemerdekaan Indonesia. Sementara kini, meski sudah lepas dari penjajahan bangsa lain, sifat-sifat tersebut tetap dibutuhkan untuk dapat “mengalahkan” beragam persoalan yang ada di masyarakat, utamanya kemiskinan dan kebodohan dalam arti yang luas.

Paskibraka sedang mengibarkan bendera Merah Putih-jen

“Marilah kita bersama-sama bahu membahu dengan penuh keikhlasan dan rasa tanggungjawab serta penghormatan atas jasa dan pengorbanan para pahlawan, memberikan kontribusi bagi bangsa dan negara sesuai kemampuan dan profesi masing-masing,” ujar Ning Ita, membacakan amanat dari Menteri Sosial RI.

Sehingga, pada masa kini, siapa saja sebenarnya bisa menjadi pahlawan di bidang apapun, dan

bahkan bisa pula memulai dengan menjadi pahlawan bagi ekonomi keluarganya dan komunitasnya.

Selain itu, pada peringatan hari pahlawan kali ini, juga disampaikan pesan khusus bagi anak-anak, sebagai generasi penerus bangsa. Sebagaimana dalam petikan berikut:

“Anak–anak Indonesia dalam apapun keterbatasanmu. Kalian bisa kembangkan talenta apa saja. Selama tidak ada kata menyerah dan putus asa dan tetap bekerja keras di tengah keterbatasan yang ada.

Teruslah menjadi anak Indonesia yang sebenarnya dengan memahami dan menghormati kesepakatan bersama : Pancasila, Bhinneka Tunggal Ika, NKRI, dan UUD 1945.”

Upacara tersebut juga turut dihadiri oleh  jajaran Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kota Mojokerto, Ketua DPRD, Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD), Lurah, serta peserta upacara yang terdiri dari pasukan TNI, Polri, Satpol PP dan Dishub Kota Mojokerto. (EL/an)

 

Print Friendly, PDF & Email