Yuwono, Seorang Narasumber sedang menjelaskan manfaaf rempah untuk kesehatan-jen

Kota Mojokerto – GEMA MEDIA : Hari kedua Workshop Jalur Rempah Titik Simpul Jawa Timur yang dipusatkan di Ayola Hotel Kota Mojokerto, para peserta diajak untuk mengoptimalkan manfaat rempah yang merupakan warisan Bangsa menjadi produk herbal yang memiliki nilai jual. Selasa (2/11/2021).

Ada tiga materi yang dikupas, mulai dari geliat ramuan rempah di masa pandemi, masa depan rempah lewat kuliner, hingga masa depan rempah lewat ramuan wewangian.

“Saya kira acara seperti ini penting ya, harapan kita rempah- rempah ini bisa menjadi tuan rumah di Negara kita sendiri. Apalagi keberadaan rempah saat ini sangat penting terutama untuk menjaga imun tubuh” ujar Yuwono (Herbalis), salah satu Narasumber.

Selain dibekali informasi terkait manfaat rempah- rempah, peserta juga diajak untuk praktek secara langsung bagaimana memproses rempah menjadi produk herbal yang bernilai jual.

Dwi Emy Siswanti, Owner Warkop KoncoQu, saat memberikan materi-jen

Pada kesempatan ini pula peserta diberikan informasi bahwa selain untuk ramuan herbal, rempah – rempah juga bisa berinovasi kedalam kuliner modern, hingga ramuan wewangian.

Ulfa, salah satu peserta yang turut mencicipi hasil ramuan rempah mengaku senang bisa mendapatkan informasi secara langsung terkait manfaat rempah, beserta cara pengolahan yang baik dan benar hingga bermanfaat bagi kesehatan maupun ide bisnis.

Yuwono, Narasumber saat praktek membuat produk herbal-jen

“Cukup bermanfaat ya, karena sebagian besar rempahnya kan di rumah ada, tapi tidak tau manfaatnya digunakan untuk apa gitu, setelah tau insyallah bisa langsung bisa di praktekan” ujarnya.

Sebagai informasi, Workshop Jalur Rempah Titik Simpul Jawa Timur hari ke dua ini menghadirkan tiga Narasumber, diantaranya Yuwono, Herbalis bersertifikat ASPETRI (Asosiasi Pengobatan Tradisional Ramuan Indonesia) sebagai pemateri 1.

Dilanjutkan Dwi Emy Siswanti, Owner Warkop KoncoQu, sebagai pemateri II. Serta Mega Novita, asessor kecantikan LPS Escrins Semarang, sebagai pemateri III.

Workshop Jalur Rempah Titik Simpul Jawa Timur ini sendiri merupakan rangkaian dari festival rempah Nusantara 2021 yang diselenggarakan oleh Dirjen Kebudayaan Kemendikbud RI. (dit/an)

 

 

Print Friendly, PDF & Email