Walikota Mojokerto menyerahkan dokumen perjanjian kerja sama-jen

Mojokerto – GEMA MEDIA ; Pemerintah Kota Mojokerto menjadi kota pertama di Jawa Timur yang menindaklanjuti Instruksi Presiden Republik Indonesia No. 2 Tahun 2021 tentang Optimalisasi Pelaksanaan Program Jaminan Sosial Ketenagakerjaan.

Tindak lanjut ini berupa penandatanganan perjanjian kerjasama (PKS) antara BPJAMSOTEK dengan Dinas Koperasi, UKM, Perindustrian dan Perdagangan (DiskopUKMperindag), yang disaksikan oleh Wali Kota Mojokerto Ika Puspitasari saat resepsi HUT Koperasi ke-74, bertempat di Pendopo Sabha Kridatama, Rumah Rakyat, Jl. Hayam Wuruk, No. 50 Kota Mojokerto. Jumat (25/9/2021)

Melalui PKS ini, DiskopUKMperindag bertugas untuk mendorong, memfasilitasi, serta membantu memberikan sosialisasi dan menghimbau, agar Instruksi Presiden tersebut dapat dipahami dan dilaksanakan oleh seluruh pelaku usaha di Kota Mojokerto.

Kepala Bpjamsostek dengan Walikota Mojokerto dalam perjanijian kerjasama-jen

“MOU ini merupakan tindak lanjut himbauan agar Usaha Mikro,Kecil,Menengah (UMKM) yang meliputi pedagang, koperasi, wirausaha, serta semua pelaku usaha agar terlindungi dengan BPJS ketenagakerjaan” jelas Ani Wijaya Kepala DiskopUKMperindag Kota Mojokerto.

Lebih lanjut MOU ini bertujuan memberikan perlindungan jaminan sosial ketenagakerjaan kepada seluruh penerima KUR (Kredit  Usaha Rakyat),  BPUM (Bantuan Produktif Usaha Mikro) dan tenaga Kerja Koperasi, Usaha Kecil Menengah, Perindustrian dan perdagangan di Kota Mojokerto.

Sementara itu Kepala Kantor BPJAMSOTEK Cabang Mojokerto, Zulkarnain Mahading berharap, agar seluruh pekerja dan juga pelaku usaha di Mojokerto, segera didaftarkan dalam kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan. Mengingat santunan JKK dan JKM sangat bermanfaat bagi para pelaku usaha selaku tulang punggung keluarga.

 

“Ketika mereka mengalami resiko sosial seperti kecelakaan kerja atau kematian, beban yang ditanggung pihak keluarga atau ahli waris menjadi agak ringan karena BPJAMSOTEK hadir untuk pekerja ” ujarnya. (dit/an)

Print Friendly, PDF & Email