Walikota dan fungsionaris Partai Politik saat Bimtek-an

MOJOKERTO-GEMA MEDIA : Ning Ita sapaan akrab Walikota Mojokerto Ika Puspitasari, mengajak Partai Politik (Parpol) saling terbuka dalam berkomunikasi.  Keterbukaan komunikasi merupakan kekuatan bersama untuk bersinergi  dalam membangun Kota Mojokerto Raya.  Hal itu disampaikan Ning Ita saat membuka Bimbingan Teknis (Bimtek) bantuan Keuangan bagi Partai Politik di Pendopo Rumah rakyat, Jl. Hyam Wuruk No. 50 Mojokerto, kamis 25/2/2021.

“Tidak ada lagi kebuntuan  dalam berkomunikasi  antara Parpol dengan Pemkot Mojokerto, sehingga  aspirasi masyarakat yang tersampaikan kepada parpol  dapat diteruskan kepada Pemerintah Kota Mojokerto” terangnya.

Lanjut Ning Ita, Ada 6 peran partai politik dalam system demokrasi Negara  yakni  sebagai sarana Komunitas politik, sosialisasi politik, rekrutmen politik,pengatur politik, kontrol politik dan  partisipasi politik.

dari kanan: Kabakesbangpol, Narasumber dan Kabid Poldagri dan ormas-an

Bantuan keuangan bagi  Parpol yang ada di Kota Mojokerto diatur berdasarkan Keputusan Walikota Mojokerto Nomor : 188.45/180/41.7.111/2020 tentang bantuan keuangan kepada parpol pada Dewan perwakilan Rakyat daerah periode 2020-2024.

Beberapa hal yang perlu diperhatikan oleh Parpol  adanya point perubahan pengangaran parpol  Permendagri Nomor 78 tahun 2020 terkait dengan adanya pandemic covid-19.

Bantuan keuangan bagi parpol ini diharapkan dapat memberikan manfaat dalam melaksanakan kegiatan kepartaian maupun konstituennya.

“Dengan Bimtek ini sangat penting agar pelaksanaan pengelolaan keuangan dapat dikelola sesuai dengan rule dan aturan yang ada. Parpol merupakan organisasi yang terorganisir sebagai wadah untuk mengaomodir aspirasi masyarakat agar tersalurkan sehingga muncul program dan kebijakan dalam bidang politik, maupun implementasi kepentingan masyarakat secara umum” jelas Ning Ita.

Ali Prakosa Narasumber dari Kejksaan Negeri Kota Mojokerto-an

Bimtek yang diselenggarakan oleh Badan Kesatuan bangsa dan Politik  (Bakesbangpol) Kota Mojokerto , kali ini diikuti oleh pengurus dan fungsionaris 9 parpol yang ada di Kota Mojokerto.

Dalam bimtek kali ini mengahadirkan narasumber dari Kejaksaan Negeri Kota Mojokerto Ali Prakoso, SH, MH memberikan materi tentang tata cara  pengajuan, penggunaan dan pertanggungjawaban bantuan keuangan partai politik

Mukhamad Imron, S.Sos,MM Kepala Bakesbangpol Kota Mojokerto menyampaikan, tujuan diselenggarakan Bimtek ini antara lain,  untuk memberikan informasi dan pemahaman, tentang aturan dan regulasi bantuan keuangan bagi partai politik;  meningkatkan partisipasi parpol dan inisiatif masyarakat.

Ditambahkan oleh Soegeng Riyadi, SH Kabid. Politik Dalam Negeri dan Organisasi Kemasyarakatan pada Bakesbangpol ,satu hal yang menggembirakan adalah, hasil pemeriksaan BPK tahun 2019 pertanggungjawaban ke 9 Parpol  di Kota Mojokerto, tidak ditemukan hal yang signifikan dan tingkat kepatuhan yang tinggi. (an)

Print Friendly, PDF & Email