Pembukaan Rakor PPID Kota Mojokerto-dit

MOJOKERTO – GEMA MEDIA : Untuk mengetahui sejauhmana progres implementasi Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) Kota Mojokerto tahun 2020, Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Mojokerto menggelar Rapat Koordinasi (Rakor), selasa 23/2/2021.

Rakor  mengundang perwakilan OPD se-Kota Mojokerto selaku PPID pembantu bertempat di Aula Dinas Pendidikan Kebudayaan Kota Mojokerto  dengan agenda Monitoring dan Evaluasi (Monev) website PPID tahun 2020 dan Standart Informasi PPID serta Rencana Implementasi  PPID tahun 2021.

Hasil Monev yang disampaikan oleh Kepala bidang Pelayanan Informasi Komunikasi Publik (PIKP) Tri Wahjuningsih S.KM, M. Kes yang didampingi Kepala Seksi pengaduan masyarakat dan pemberdayaan teknologi  Musrifah, SH pada  Diskominfo Kota Mojokerto  menyampaikan bahwa, sekitar 25 %  OPD yang patuh yakni  prosentase tingkat kepatuhan informasi paling tinggi 64 %. Hanya 6 dari 34 OPD  tingkat kepatuhan informasi diatas 50 %.  Sedangkan yang tidak patuh mencapai  75 %. Untuk ini  ada 9 OPD yang tidak mengupload informasi . Total 28 % dari 34 OPD  tingkat kepatuhan informasi masih dibawah 50 %.

OPD selaku PPID pembantu mengikuti rapat koordinasi-dit

“kedepan akan ada pendampingan lebih teknis lagi bagi PPID pembantu agar  dapat mengimplementasikan PPID sesuai  dengan amanat UU KIP.  Masing-masing OPD dapat mengupload Daftar Informasi Publik , yakni informasi berkala, informasi serta merta, informasi sesaat dan informasi yang dikecualikan” terangnya

Mengenai standart informasi  PPID dan rencana Implementasi PPID tahun 2021 disampaikan oleh Suryo Hadi, S.Kom  Fungsional Diskominfo Kota Mojokerto.

Sementara itu, Sekertaris Diskominfo Kota Mojokerto Rudy Ismail, M.Si mewakili Kepala Dinas saat membuka Rakor tersebut menyampaikan bahwa, target PPID sesuai UU Nomor 14 tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi   Publik, pada tahun 2021 diharapkan  mencapai 100 persen.  Sementara hasil evaluasai kepatuhan OPD terkait PPID, pada Tahun 2020 masih ditingkat 25 persen.

“Oleh karena itu untuk mencapai target PPID pada tahun 2021, perlu dibangun  komitmen bersama dari seluruh OPD yang ada di lingkungan pemerintahan Kota Mojokerto,  karena untuk mencapai target hingga 100 persen, Diskominfo tidak bisa bekerja sendiri tanpa bantuan dari OPD lain.” Tuturnya.

Ia berharap, Diskominfo dengan masing – masing OPD yang ada di lingkungan Pemerintah Kota Mojokerto bisa saling bekerjasama serta menjalin koordinasi yang baik agar bisa mencapai target PPID yang ditentukan. ( dit/an)

Print Friendly, PDF & Email