Walikota Mojokerto saat menghadiri silahturahmi virtual anugerah kebudayaan PWI 2021-dit

MOJOKERTO-GEMA MEDIA : Walikota Mojokerto Ika Puspitasari yang akrab disapa Ning Ita masuk nominasi 10 besar penerima anugerah kebudayaan dari Persatuan Wartawan Indonesia (PWI). Pemberian anugerah kepada para nominator tersebut disampaikan pada forum silahturahmi virtual dalam rangka peringatan Hari Pers Nasional, senin 11/1/2021. Ning Ita menghadiri undangan virtual tersebut di Auditorium Soekarno yang berada di SMP N 2 Jl. Ahmad Yani No.15 Kota Mojokerto, didampingi Kepala Dinas Pendidikan Amin Wachid, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Gaguk Tri Prasetyo, Direktur Radar Mojokerto Muhammad Nur Kholis, ketua PWI Kota Mojokerto M.Diak Eko Purwoto, dan Budayawan.

Walikota Mojokerto salah satu Nominator anugerah Kebudayaan PWI 2021-dit

Menurut Ning Ita, dengan masuknya Kota Mojokerto dalam nominasi penerima anugerah kebudayaan PWI tersebut menjadi semangat bagi Kota Mojokerto untuk terus mengembangkan potensi sejarah dan budaya yang ada di Kota Mojokerto.

“Dengan masuknya Kota Mojokerto dalam nominasi penerima anugerah kebudayaan PWI ini, akan menjadi semangat bagi Kota Mojokerto untuk terus mengembangkan potensi sejarah dan budaya yang kami miliki.” Tutur Ning Ita.

Ada beberapa peninggalan warisan budaya di Kota Mojokerto yang bisa menarik wisatawan untuk berkunjung ke Kota yang memiliki julukan Kota Onde – onde ini.

“Di sini saya akan mengenalkan bagaimana potensi sejarah warisan budaya yang ada di Kota Mojokerto, seperti sekolah ongko loro ini, dimana sekolah ini merupakan tempat Ir. Soekarno sempat mengenyam pendidikan sewaktu tinggal di Kota Mojokerto pada masa lampau. Ada juga Sekolah Rakyat (SR) pada jaman kolonial belanda, yang saat ini menjadi SDN Purwotengah.” Jelas Ning Ita.

Ning Ita juga akan menjadikan Warisan budaya ini sebagai prioritas pembangunan yang ada di Kota Mojokerto.

“Kami juga menjadikan warisan budaya sebagai prioritas pembangunan di Kota Mojokerto, seperti potensi wisata sungai, mojobatik Festival, kami pernah menampilkan drama kolosal bagaimana proses kerajaan Mojopahit dari masa ke masa mampu menguasai wilayah yang bahkan lebih luas daripada luasnya Negara Indonesia saat ini.” Lanjutnya.

Selain berupa bangunan peninggalan sejarah, Kota Mojokerto juga memiliki 56 motif batik yang sudah dipatenkan hak miliknya. ” kami juga mengadakan lomba design batik khas Mojokerto, yang saat ini kami sudah memiliki 56 motif batik yang sudah dipatenkan.” Pungkas Ning Ita.

Adapun 10 besar daerah yang memgadiri silaturahmi zoom meeting adalah Walikota Bogor, Walikota Denpasar, Walikota Semarang,Walikota Tegal, Walikota Sigkawang, Bupati Sumedang,Walikota Pare-pare, Bupati Majalengka, Bupati Banggai dan Walikota Mojokerto. Dihadiri pula oleh  Pengurus PWI Pusat, Dewan Pers, APKASI, APEKSI, Tokoh – Tokoh Pers, tim juri, perwakilan wartawan pusat, serta perwakilan wartawan lokal dari 10 Daerah terkait. (dit/an)

 

Print Friendly, PDF & Email