Dr. H. Ludi Wishnu Wardana, M.M. dari LP2M bersama Amin Wachid,S.Sos,M.Si Kadiknas, Kepala sekolah dan guru SMPN 3 saat pembukaan pelatihan penulisan karya ilmiah-an

MOJOKERTO-GEMA MEDIA : Salah satu upaya untuk meningkatkan profesionalisme guru dan produktivitas pendidikan, para guru SMP negeri dan Swasta se-Kota Mojokerto mengikuti pelatihan penulisan karya ilmiah, sabtu 22/8/2020.  Mengingat kondisi  pandemi maka, pelatihan yang diselenggarakan bekerjasama dengan Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LP2M) Universitas Negeri Malang dilaksanakan secara daring.

Untuk memberikan semangat lebih, pelatihan ini dibuka oleh Amin Wachid, S.Sos,M.Si  Kepala Dinas Pendidikan Kota Mojokerto bertempat di SMP Negeri 3 Kota Mojokerto. Turut mewarnai acara ceremonial pembukaan tarian peserta didik SMP Negeri 3 berjudul Sekar Cinde dan Sandya Kalaning Majapahit. Kadiknas bertindak selaku Keynote Speaker menyampaikan bahwa, penulisan karya ilmiah menjadi hal penting karena banyak guru secara personal terlambat ketika kenaikan pangkat karena kesulitan dalam menyusun Penulisan Penelitian Tindakan Kelas. Dalam menjalankan tugas-tugas profesional lanjut Amin, guru dituntut melakukan profesionalisasi atau proses penumbuhan dan pengembangan  profesinya. Untuk ini diperlukan upaya yang terus-menerus agar guru tetap memiliki pengetahuan dan keterampilan yang sesuai dengan tuntutan kurikulum serta kemajuan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (IPTEK).

“Terkait dengan penulisan karya ilmiah, Dinas Pendidikan mentargetkan memiliki jurnal  khusus pendidikan online yang akan menampung seluruh artikel ilmiah karya para guru sebagai salah satu syarat wajib dalam kenaikan jenjang karir” katanya.

Tarian Sekar Cinde dan Sandya Kalaning Majapahit saat memeriahkan acara pembukaan pelatihan di SMPN 3 Kota Mojokerto-an

Dengan adanya pelatihan ini, Redjo, S.Pd. M.Pd Kepala SMP Negeri 3 Kota Mojokerto sangat antusias dengan kegiatan ini dan memotivasi seluruh guru SMP di wilayah kota Mojokerto pada umumnya dan khususnya SMP N 3 untuk dapat menulis artikel karya ilmiah yang akan dipublikasikan melalui jurnal pendidikan online yang akan difasilitasi oleh Dinas Pendidikan berkerjasama dengan LP2M Universitas Negeri Malang

Pelatihan yang diikuti oleh 261 peserta ini dilaksanakan secara daring dengan aplikasi zoom meeting. Untuk Presentasi Penelitian Tindakan Kelas (PTK) disampaikan oleh Drs. RAM. Taufan guru dari SMP Negri 3 Mojokerto. Sedangkan Amin Rohyati, S.Pd mempresentasikan materi Penelitian Tindakan Kelas  berjudul “Peningkatan Kemampuan Bertanya dan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas VII A SMP Negri 3 Mojokerto Melalui Pembelajaran Saintifik”. Sementara yang ditulis oleh bu MIftahul Fitri A, M.Pd berjudul “Peningkatan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Kelas 8 B SMP Negri 3 Mojokerto Melalui Model Pembelajaran Penemuan Terbimbing pada Materi Teorema Pytagoras” tentu memberikan ide baru bagi peserta pelatihan daring.

Pelatihan penulisan karya ilmiah secara daring bagi guru SMP se-Kota Mojokerto bersama LP2M Universitas Negeri Malang-an

Dalam kesempatan ini pihak LP2M yang diwakili oleh Dr. H. Abdur Rahman As’ari, M.Pd dan Dr. Hj. Endah Tri Priyatni, M.Pd memberikan penjelasan mengenai hakikat penulisan artikel berbasis riset (PTK). Dalam materi ini , guru wajib mengembangkan profesionalisme mereka yaitu dengan pengembangan diri, publikasi ilmiah, dan karya inovatif. Melalui pelatihan ini diharap mampu membrikan motivasi bapak ibu guru di Mojokerto khususnya untuk lebih bersemngat dalam mengembangkan profesionalismenya.

Selain memberi penjelasan tentang profesionalisme guru, pihak LP2M juga memberikan penjelasan tentang tips mengenai format riset menjadi artikel yang disampaikan oleh Dr. Hj. Nurchasanah, M.Pd dan Dr. H. Ludi Wisnu W, M.M. Dijelaskan oleh Ludy bahwa,  menulis artikel tidak sesulit yang dibayangkan, karena itu Ia memberikan beberapa strategi dalam mengubah riset menjadi artikel. Hal ini sebagai bentuk kepedulian dan motivasi agar PTK yang telah ditulis oleh para guru tidak berhenti di pengajuan kenaikan pangkat saja, tapi bisa dipublikasikan di jurnal-jurnal.

Tidak hanya itu, tim LP2M juga memberikan aplikasi Mendelay yang memudahkan dalam menulis artikel, topik ini disampaikan oleh Dr. H. Achmad Supriyanto, M.Pd. aplikasi tersebut memberikan beberapa kemudahan dalam menulis artikel, mulai dari penulisan pendahuluan sampai daftar rujukan. Pak Pri, nama sapaan akrabnya, menjelaskan cara menggunakan aplikasi tersebut secara detail. Hal ini tentu sangat bermanfaat bagi peserta pelatihan ini, karena merupakan pengetahuan baru terkait aplikasi tersebut.

Pelatihan ini secara umum memberikan motivasi sekaligus aplikasi dalam penulisan riset maupun artikel. Pihak LP2M Universitas Negeri Malang memberikan ruang yang cukup dalam hal ini, juga Dinas Pendidikan Kota Mojokerto memudahkan dalam penyelenggaraan pelatihan ini. Untuk selanjutnya tim LP2M Universitas Negri Malang akan memfasilitasi dalam penulisan Penelitian Tindakan Sekolah, pungkasnya. (an)

 

Print Friendly, PDF & Email