virtual, peringatan Hari Anti Narkotika Internasional-jen

MOJOKERTO-GEMA MEDIA: Peringatan Hari Anti Narkotika Internasional (HANI) tahun 2020 kali ini diselenggarakan berbeda dari tahun-tahun sebelumnya , dikarenakan adanya pandemi COVID-19 yang melanda Indonesia dan seluruh dunia. Hadir dalam acara tersebut Menpan RB Tjahjo Kumolo, Kepala BNN Komjen Pol Heru Winarko dan Wapres Ma’ruf Amin yang mengikuti kegiatan secara virtual.

Dengan adanya situasi saat ini kita harus tetap mempunyai tekad dan semangat untuk pantang menyerah, bergotong royong, dan mempunyai empati dalam menghadapi situasi pandemi ini. Sehingga tahun ini peringatan HANI tahun 2020 diselenggarakan dengan menggunakan teknologi secara virtual, namun tidak mengurangi kekhidmatan dan tujuan mulia dalam memberantas narkoba di Indonesia khususnya di wilayah Kota Mojokerto.

Dalam sambutannya, Kepala Badan Narkotika Nasional (BNN), Komjen Heru Winarko, mengatakan ada sejumlah pendekatan yang dijalankan pihaknya dalam rangka mengatasi peredaran dan penyalahgunaan narkotika.

Badan Narkotika Nasional saat memperinangai HANI secara virtual-jen

 

Dia menjelaskan ada sisi supply reduction, pihaknya telah berhasil memetakan 98 jaringan narkotika, 27 diantaranya sindikat berskala internasional. Dari jumlah tersebut, terdapat 33 jaringan telah diungkap dan 19 di antaranya melibatkan warga binaan di dalam lembaga pemasyarakatan (lapas).

“Berhasil memetakan 98 jaringan sindikat narkotika, 27 jaringan di antaranya berskala internasional, dengan mengungkap 33 jaringan, dan sedikitnya ada 19 jaringan yang melibatkan warga binaan atau napi di lapas,” kata Heru.

Di kesempatan yang sama Kepala BBNK Mojokerto AKBP Suharsi SH MSi usai ikuti Video Confrens dengan BNN Pusat mengatakan, di tengah Pandemi Covid-19 saat ini bahaya narkoba terus mengintai.

“Diharapkan seluruh elemen lapisan masyarakat di seluruh Kota Mojokerto ikut berpartisipasi dan menggelorakan peringatan HANI tahun 2020 dengan melakukan kegiatan positif dalam rangka Indonesia bebas Narkoba,” ujarnya. Jum,at, (26/6/2020).

Lanjut Suharsi, tema pada HANI tahun Ini bertema HIDUP 100%, Sadar, Sehat, Produktif, Bahagia Tanpa Narkoba. Pesan “HIDUP 100%” ini merupakan ajakan untuk menjadi pribadi yang lebih baik dan lebih maksimal di segala unsur kehidupan (fisik-mental, jasmani-rohani) dengan hidup tanpa narkoba.

Nampak hadir dalam Peringatan HANI 2020, Wakil Walikota Mojokerto Achmad Rizal Zakaria, Ketua DPRD Kota Mojokerto Sunarto, Plt Pengadilan Negeri Mojokerto, Wakpolresta Mojokerto , perwakilan Kodim 0812. (jen/an)

 

 

Print Friendly, PDF & Email