Gaguk (kiri) bersama Sekdakot dan satgas transportasi saat cegah covid 19 di Terminal Kertajaya-an

MOJOKERTO – GEMA MEDIA : Gaguk Tri Prasetyo, ATD,MM Plt.Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Mojokerto  menegaskan, agar masyarakat tidak mudah share and reshare berita hoax covid 19 yang meresahkan masyarakat.   Saat ini penduduk Indonesia sedang menghadapi  ujian  berat. Oleh karena itu kita harus cerdas dalam memilih informasi yang benar sesuai dengan sumber resminya.

Adanya kasus Covid 19, tidak sedikit media social yang sedang ikut mempublikasikan pemberitaan. lepas itu pemberitaan yang benar atau tidak, berita hoax atau bukan, sehingga tidak heran jika masyarakat menjadi bingung bahkan tidak sedikit yang merasa panic dan takut dalam menghadapi wabah corona itu.

Untuk menangkal adanya berita hoax, Diskominfo Kota Mojokerto telah membentuk tim patrol cyber. Tim ini bertugas untuk mendeteksi, memantau apabila ada informasi strategis yang perlu ditindaklanjuti dan diklarifikasi. Setelah dilakukan pengecekan apakah itu berita hoax atau bukan, hasilnya kita laporkan kepada komandan satgas yaitu  sekdakot. Hal itu disampaikan saat kegiatan penyemprotan disinfectan oleh satgas transportasi di Terminal Kertajaya, rabu 18/3/2020.

sosialisasi terkait covid 19 bersama PKL di Terminal Kertajaya -an

Dijelaskan oleh Gaguk, bahwa ada 242 berita hoax terkait covid 19 berdasarkan realese dari Kementerian Kominfo yang sudah ditindak lanjuti. “Laporkan jika ada indikasi berita hoax” katanya.

Gaguk mengingatkan kepada seluruh masyarakat khususnya warga Kota Mojokerto hendaknya berhati-hati dalam menggunakan media social, agar tidak terjebak dalam penyebaran berita hoax. Setiap Orang yang dengan sengaja dan tanpa hak menyebarkan berita bohong dan menyesatkan yang mengakibatkan kerugian konsumen dalam Transaksi Elektronik sebagaimana dimaksud dalam Pasal 28 ayat (1) dipidana dengan pidana penjara paling lama 6 (enam) tahun dan/atau denda paling banyak Rp 1 miliar. (UU.No. 19 tahun 2016 atas perubahan UU No.11 tahun 2008  tentang Informasi dan Transaksi elektronik. (an)

Print Friendly, PDF & Email