usai penilaian para wali murid foto bersama Kepala Sekolah dan tim juri-jen

MOJOKERTO-GEMA MEDIA : Sebagaimana diamanatkan dalam Undang – Undang Sistem Pendidikan Nasional Nomor 20 Tahun 2003 BAB IV bahwasannya pendidikan merupakan tanggung jawab bersama antara pemerintah, masyarakat dan keluarga. Keberhasilan sekolah tidak terlepas dari peran serta masyarakat dalam hal ini adalah orangtua murid.  Lingkungan sekolah yang aman dan nyaman sangat berpengaruh terhadap proses belajar mengajar.  Bagi anak, sekolah adalah rumah kedua, untuk itu perlu mendapat perhatian dari semua pihak.

Untuk mewujudkan lingkungan sekolah yang sehat, aman dan nyaman serta bersih dan  asri, pihak Sekolah bekerjasama dengan Komite Sekolah menggelar lomba Keindahan Taman Sekolah dan kebersihan Kelas, yang dinilai pada selasa 25/2/2020.

banyak inovasi dan edukasi Taman Hasil karya kelas 6 berhasil meraih juara I-an

Reny Novita Sari, S.Pd Kepala SDN Magersari 2 menuturkan, sebagai Kepala Sekolah yang baru awalnya masih beradaptasi terhadap lingkungan sekolah, kemudian melihat fisik atau wajah sekolah yang kurang menarik ini, mencoba untuk berkoordinasi dengan Komite Sekolah dan tercetuslah Lomba Keindahan  Taman dan Kebersihan kelas yang diikuti Kelas 1 sd. Kelas 6. Prinsipnya Amati Tiru dan Modifikasi (ATM), untuk  memulai hal baru agar sekolah lebih maju.  Berkat dukungan komite dan seluruh Wali Murid, Kepala Sekolah yang masih sangat muda ini merasa bangga.  Pihaknya melihat adanya potensi dan keunggulan yang ada di sekolah yang perlu dikembangkan.  Setelah sukses memboyong kejuaraan lomba senam Perwosi sebelumnya, kini pihak sekolah berencana untuk menata lingkungan agar anak-anak merasa aman dan nyaman dalam belajar di sekolah

tim juri didampingi komite sedang menilai ruang kelas-an

Ketua Komite, Lulus Imaniati, SH,M.Si menuturkan selaku komite Sekolah yang membawa amanat para orangtua murid, kebetulan semua wali murid mempunyai visi yang sama. Ibaratnya “apa sih yang gak buat anak” katanya.  Sehingga dari kemauan yang sama itu digabungkanlah untuk support program sekolah demi kemajuan anaknya.  Sebagai orangtua sudah memercayakan pendidikan anaknya ke sekolah ini, sudah selayaknya sebagai bentuk partisipasi orangtua bersedia membantu meningkatkan sarana dan prasarana untuk kenyamanan dalam Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) guru dan murid yang pada akhirnya dapat meningkatkan prestasi sekolah. Terkait sarana prasarana untuk tahun ini diwujudkan dalam lomba keindahan taman dan kebersihan kelas tersebut.

Sementara itu Endang Rahayu, M.Pd Pengawas SD yang bertindak selaku dewan juri merasa bangga melihat peran serta komite dan wali murid yang luar biasa. Dibanding sebelum ada lomba lingkungan sekolah ini masih belum tertata, tong sampah misalnya,  tidak pada tempatnya.  “saat ini saya melihat perubahan yang luar biasa, selain Taman yang ditata,  ruang kelas juga ditata rapi ada sudut baca, jadwal piket, kreatifitas dan inovasi yang lain termasuk penataan meja kursi belajar yang dilayout sedemikian rupa sehingga menjadi rapi dan bersih serta membuat anak-anak nyaman saat belajar” terang Endang. Partisipasi anak juga terlihat ada yang mau menyumbangkan buku ke sekolah. Mantan Kepala SDN Kranggan 1 ini berharap agar Lomba ini diagendakan secara rutin setiap tahun sekali  agar tetap kondusif.  Menurut sang pengawas, kegiatan kali ini merupakan salah satu dari realisasi perjanjinan kinerja bagi Kepala Sekolah yang baru. Saran kedepan hendaknya ruang kepala sekolah, kamar mandi diperbaiki dan juga sarana dan prasarana pendukung yang lain. Melalui lomba kali ini dapat diikuti oleh sekolah lain, karena mampu mendongkrak partisipasi wali murid lebih maju lagi.

anak-anak kelas 6 terlihat semangat belajar dalam menghadapi UNBK-an

Riani, SH,M.Si Ketua Forum Kota Mojokerto Sehat selaku tim juri menambahkan bahwa lomba membangun keindahan taman sekolah ini sangat mendukung terwujudnya Perilaku hidup Bersih dan Sehat (PHBS), karena salah satu indikator penilaian ada sarana Cuci Tangan Pakai Sabun dan hampir semua taman tersedia sarana CTPS). “ saya sangat memberi apresiasi atas hasil karya perwakilan kelas yang penuh kreatifitas dengan sentuahan inovasi yang tinggi” katanya. (an)

Hasil penialaian Dewan Juri diputuskan:

Juara Lomba keindahan taman

Juara 1 taman kelas 6

Juara 2 taman kelas 3

Juara 3 taman kelas 1

Juara 4 taman kelas 2

Juara 5 taman kelas 5

Juara 6 taman kelas 4

Juara Lomba Kebersihan Kelas

Juara 1 kelas 1

Juara 2 kelas 3

Juara 3 kelas 2

Juara 4 kelas 6

Juara 5 kelas 5

Juara 6 kelas 4

Print Friendly, PDF & Email