Kunjungan tim verifikasi LBS didampingi Ketua TP-PKK Kota Mojokerto

MOJOKERTO – (GEMA MEDIA) – Tim verifikasi lomba lingkungan bersih sehat (LBS) tingkat Jawa Timur, meninjau Lingkungan Kalimati dan Lingkungan Jagalan, Kelurahan Jagalan, Kecamatan Kranggan, Kota Mojokerto. Kedatangan rombongan tersebut, disambut langsung oleh Wakil Wali Kota Mojokerto Achmad Rizal Zakaria di Pemkot Mojokerto, Kamis (9/1/2020) pagi.

Tim Verifikasi terdiri dari 4 (empat) orang dipimpin langsung oleh drg Christinari Ratih Anom Surahno, Sp,KGA  dari TP-PKK provinsi Jawa Timur dengan anggota  Ari SKM  dan Ani SKM dari Dinas Kesehatan Provinsi, drg. Siti dari Dinas P3AKB dan Drs. Turiman dari Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa Provinsi Jatim.   Kunjungan lapangan kali ini guna memonitoring seluruh kegiatan secara langsung menyesuaikan dengan dokumen yang telah dikirimkan sebelumnya. Selain itu juga melihat berbagai inovasi yang dilakukan oleh warga di Lingkunganatas binaan dari TP-PKK Kota Mojokerto yang merupakan aplikasi dari 10 program pokok PKK terutama Perilaku Hidup Bersih dan Sehat.

didampingi oleh kader setempat Tim verifikasi dan ketua TP-PKK Kota Mojokerto melihat langsung kondisi lingkungan Kalimati dan Jagalan-jen

Dalam sambutannya, drg Christinari mengucapkan selamat kepada Kota Mojokerto yang sudah masuk sebagai nominator Lomba Bersih Sehat tingkat Provinsi Jawa Timur. Drg. Christinari menekankan bahwa kedatangan tim adalah sebagai verifikator bukan penilai. “Kami memverifikasi laporan yang sudah kami terima terkait program dan inovasi di Kota Mojokerto, dengan melihat secara langsung kondisi di lapangan. Apa saja upaya yang telah dilakukan oleh para kader dan bagaimana pembinaan yang telah dilakukan oleh OPD terkait,” ujarnya.

Drg Christinari berharap agar kegiatan ini dapat menjadi motor penggerak partisipasi semua pihak dalam wadah pembinaan, untuk memotivasi kader, keluarga dan tim penggerak PKK dalam mencapai target Program PKK – KB – Kesehatan.

Wakil Walikota setelah menerima di Pemkot Mojokerto menyusul ikut serta ke lokasi penilaian-an

Ketua TP PKK Kota Mojokerto Nur Chasanah menyampaikan bahwa, peran PKK dalam menggerakkan masyarakat untuk membudayakan perilaku hidup bersih, dengan kegiatan lingkungan seperti pengelolaan Bank Sampah, pemilahan sampah dan juga membuat kerajinan daur ulang yang kreatif dan punya nilai jual. Adanya Kelompok Wanita Tani dengan tanaman sayuran dan buah-buahan yang dapat mendukung gizi balita untuk mencegah stunting, “Kami memanfaatkan pekarangan rumah, sebagai media untuk menanam berbagai sayur mayur, yang dapat mendukung asupan gizi bagi bayi dan ibu hamil sekaligus mencegah stunting.  Tak hanya itu, kami menggelar PSN yang terintegrasi secara rutin dan berbagai inovasi yang diterapkan guna mendukung terwujudnya lingkungan bersih dan sehat,” jelasnya.

Sementara itu, Asisten administrasi Pemerintanan Abdur Rahman Tuwu hadir mewakili Walikota Mojokerto dalam sambutannya menyampaikan, mengapresiasi seluruh kader, PKK dan warga Lingkungan Kalimati , sehingga Kelurahan Jagalan mampu terpilih mewakili Kota Mojokerto untuk menjadi nominasi pada kegiatan Lomba Lingkungan Bersih dan Sehat Tingkat Provinsi.”Kami berharap pada lomba ini Kota Mojokerto dapat meraih hasil terbaik,” imbuhnya.

LBS atau lomba Lingkungan Bersih dan Sehat merupakan upaya dalam meningkatkan mutu hidup sehat, baik dalam rumah maupun di lingkungan sekitar. Hal ini, tidak lain untuk mencegah berbagai gangguan kesehatan. “Kami yakin, Kota Mojokerto mampu menjadi yang terbaik karena memiliki sumber kekuatan dari kekompakan warga yang mendukung,” tandasnya. (Jen/an)

Print Friendly, PDF & Email