usai workshop foto bersama dengan seluruh peserta-an

MOJOKERTOGEMA MEDIA : Sebanyak 139  guru SD dan SMP di Kota Mojokerto tingkatkan kemampuan diri dalam bidang pengembangan Teknologi Informasi (IT).  Untuk mencapai tujuan tersebut telah dilaksanakan Workhop pembuatan media pembelajaran yang berbasis IT. Kegiatan pelatihan tersebut telah dilaksanakan atas kerjasama dengan Dinas Kominfo Kota Mojokerto khususnya Telecenter Palapa.

N.Chania Zamzani, S.Sos guru SDN Balongsari I selaku ketua panitia menuturkan, salah satu indicator persyaratan Sertifikasi bagi guru adalah minimal 5-10 % dari unsur pengembangan diri.  Untuk ini pihaknya menggandeng Telecenter Palapa Diskominfo Kota Mojokerto untuk mengadakan pelatihan.  Selama 3 X pertemuan berlangsung di Aula Dinas P dan K Kota Mojokerto.

Amin Wachid (tengah) saat memberikan arahan terkait pengembangan diri-an

Materi yang didalami adalah tentang cara pembuatan Power Point untuk bahan presentasi, pembuatan Web Blogspot, pembuatan video pendek  yang semua itu untuk mendukung proses belajar mengajar.  Pelatihan yang diselenggarakan secara mandiri ini mendapatkan respon positif para guru bukan hanya SD tetapi juga guru SMP yang belum memiliki ketrampilan tersebut.

Dari sejumlah peserta yang mengikuti pelatihan 99 % telah dinilai lolos dan bersertifikat. “ ini artinya hasil pelatihan tersebut benar-benar dapat dipraktekan hasilnya terbukti setelah menerima materi dari Intruktur diberi waktu untuk membuat berbagai media tersebut dan hasilnya dapat dibuktikan” terang Zamzani.

Hal yang sama disampaikan oleh Samsul Manager Telecenter Palapa yang bertindak selaku Instruktur dalam pelatihan ini bahwa, para guru sangat antusias untuk belajar sehingga saat praktek membuat media hasilnya sangat menggembirakan. Memang ada 1-3 orang yang tidak berminat praktek sehingga tidak lolos, walau demikian Telecenter Palapa siap melayani para guru yang ingin melanjutkan belajarnya dan masyarakat yang ingin belajar IT secara gratis. “silakan datang ke Telecenter Palapa yang ada di Gedung GMSC setiap hari kerja” kata sang Manajer.

Atas kegiatan pelatihan tersebut Amin Wachid, S.Sos, MM Kepala Dinas Pendidikan Kota Mojokerto memberikan apresiasi terlaksananya upaya pengembangan diri dan ini sangat sesuai dengan pekermbangan teknologi informasi.  Terlebih lagi dalam menghadapi revolusi industri 4.0. Dunia pendidikan harus siap menghadapi tantangan tersebut.  “silakan mengembangan potensi diri yang lain dan jalin  kerjasama dengan OPD yang ada di Kota Mojokerto selama dapat mendorong peningkatan kualitas belajar mengajar”, jelas Amin.(an)

 

Print Friendly, PDF & Email