Walikota Mojokerto didampingi Sekdakot dan Kabag Pemerintahan menyerahkan cinderamata kepada Narasumber-an

MOJOKERTO-GEMA MEDIA : Laporan Pertanggungjawaban Pemerintah Daerah (LPPD) adalah merupakan salah satu kewajiban yang harus diselesaikan oleh Pemerintah Daerah baik tingkat Provinsi maupun tingkat Kabupaten Kota, sebagaimana diatur dalam UU Nomor 23 tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah. Lebih lanjut juga diatur dalam Peraturan Pemerintah Nomor 13 tahun 2019 tentang laporan dan evaluasi Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah.

Tujuan disusunannya LPPD setiap tahun adalah agar hasil laporan lebih terstruktur dan dapat menyajikan data yang menjdi ukuran kinerja Pemerintah Daerah baik Provinsi maupun Kabupaten dan Kota. Demikian dikatakan Walikota Mojokerto HJ.Ika Puspitasari, SE saat membuka sosialisasi dan asistensi penyusunan LPPD yang diselenggarakan Diskominfo Kota Mojokerto, senin, 4/11/2019 di Ayola Hotel.

Asisten, staf ahli, kepala OPD dan tim penyusun LPPD-an

Bagi pemerintah daerah yang mengirimkan LPPD secara tepat waktu dengan konten yang lengkap dan bisa masuk 10 besar tingkat nasional, maka pemerintah daerah akan menerima incentive dari pemerintah pusat. Oleh karena itu Pemerintah Kota Mojokerto harus bersungguh-sungguH menyusun LPPD itu dengan dukungan dan komitmen semua OPD sesuai dengan tusinya masing-masing. “ saya minta semua OPD komitmen dalam menyusun LPPD.  Berikan data yang valid sesuai hasil capaian kinerja masing-masing” tegas Ning Ita panggilan akrab Walikota.

Cindarkasih dan Yudistiro Eko Bramantia Subdit Evaluasi Wilayah  III  Direktorat Kinerja dan Peningkatan Kapasitas Daerah dari Kementerian Dalam Negeri selaku Narasumber. Cindarkasih menjelaskan bahwa, LPPD memuat kinerja pemerintahan daerah dalam menyelenggarakan seluruh urusan konkuren berdasarkan azas desentralisasi dan tugas pembantuan. Data yang digunakan untuk pengisian sesuai data OPD bukan dari BPS atau sumber lain. “ LPPD adalah cermin dari hasil kinerja pemerindah daerah” terangnya.  Saat ini Kota Mojokerto sudah masuk 10 besar Jawa Timur, masih ada waktu untuk mengejar bisa masuk 10 besar nasional.

dari kanan Narasumber dan Moderator-an

Narasumber lain Sekdakot Harlistyati, SH,M.Si menyampaikan paparan terkait penyusunan LPPD tahun 2019 sekaligus memimpin diskusi dengan para peserta terdiri dari Asisten, Staf ahli, kepala OPD dan tim penyusun LPPD yang ikut hadir.  Sekdakot berharap, kota Mojokerto bisa kembali meraih prestasi seperti tahun-tahun sebelumnya.  Semua itu tidak lepas dari dukungan semua OPD, mengingat LPPD bersifat wajib.

Print Friendly, PDF & Email