foto bersama ketua Forum sejatim dan tim pembina-an

MOJOKERTO-GEMA MEDIA : Penyelenggaraan Kabupaten / Kota Sehat (KKS) tahun 2021 tingkat nasional  orientasinya bukan lagi proses, namun sudah targetkan hasil.  Sejauhmana KKS itu dapat mewujudkan Kabupaten/Kota yang bersih, nyaman, aman dan sehat untuk dihuni penduduknya.  Demikian disampaikan oleh Donal Simajuntak Narasumber dari Kementerian Kesehatan RI dalam rapat koordinasi penguatan forum KKS se- Jawa Timur di Hotel Arcadia Surabaya, Rabu 30/10/2019.

Lebih lanjut Donal panggilan akrabnya menjelaskan, terkait Regulasi yang mendasari penyelenggaraa KKS berupa Peraturan bersama Menteri Dalam Negeri dan Menteri Kesehatan , namun wacana kedepan akan ditingkatkan menjadi Peraturan Presiden. “untuk ini masih dalam pembahasan di dalam kementerian tersebut” katanya.

Imam ketua Paguyuban Forum KKS Jawa Timur-an

“Tatanan Kehutanan dan Tatanan Pertambangan sudah dihapus, dan akan ada perubahan tatanan, demikian juga dengan indicator didalmanya agar tidak menjadi Disparitas akan direview kembali. Kedepan akan ada tatanan khusus pasar dan tatanan sekolah” terang Donal.

Rapat koordinasi kali ini diikuti oleh ketua Forum  Kabupaten Kota se-Jawa Timur .Dipandu Moderator Ahmat dari Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Timur, diskusi dengan Tanya jawab. Narasumber lainnya disampaikan oleh Andi Perdana Sub Bidang  Pengembangan SDM dari Bappeda Provinsi Jawa Timur terkait Indek Pembangunan Manusia Jawa Timur dan Nasional.

Kabid Kesmas Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Timur drg. Fitria  Dewi, M.Si hadir mewakili Kadinkes pada kesempatan tersebut menyampaikan bahwa sesungguhnya cita-cita  Indonesia sehat ditargetkan pada tahun 2010 lalu. Sembilan tahun sesudah itu hingga sekarang pembangunan bidang kesehatan terus ditingkatkan. Dokter Fitria juga mengapresiasi kepada ketua forum yang hadir, menurutnya forum kota sehat adalah orang-orang yang memiliki dedikasi tinggi, berintegritas, dan berjiwa social. Forum sebagai mitra pemerintah membantu Program OPD yang dibahasakan sebagai program pemberdayaan mayarakat.

dari kanan : Donal – Fitri dan Edy=an

Terkait hasil verifikasi KKS tahun 2019 sampai saat ini masih belum diumumkan oleh Kementerian Kesehatan. Tahun ini Jawa Timur yang mengikuti 38 Kab/Kota, yang lolos administrasi sebanyak 27 kab/kota, 5 kab/kota  bersifat pembinaan dan yang 6 kab/kota belum lolos administrasi. “berkat dukungan semua pihak tahun ini Provinsi Jawa Timur mendapatkan juara Germas indicator lingkungan” terang Fitri.

Print Friendly, PDF & Email