para narasumber, Kepala Dinas Kesehatan dan kader motivator kesehatan-yuk

MOJOKERTO – ( GEMA MEDIA ) : Pemerintah Kota Mojokerto melalaui Dinas Kesehatan menyambut  Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke – 55   yang jatuh pada tanggal 12 Nopember  tahun 2019 dan hari Kesehatan Jiwa. Menurut Susilawati tahun ini   mengangkat tema “ MELALUI GERAKAN MASYARAKAT HIDUP SEHAT MARI KITA WUJUDKAN GENERASI SEHAT INDONESIA UNGGUL  “  bertempat dia Alon-alon Kota Mojokerto dalam acara car free day,  Minggu 27/10/2019). Dengan tema Generasi Sehat Indonesia Unggul kita mengajak masyarakat untuk memiliki hidup sehat dan meninggalkan perilaku yang tidak sehat seperti misalnya makan berlebihan, minum atau  merokok. Ini harus ditinggalkan karena hidup sehat dambaan semua orang .Ungkap Susilawati.

pemeriksaan kesehatan gratis- di Aloon-aloon Kota Mojokerto-yuk

Kegiatan yang diawali dengan senam bersama, pemeriksaan kesehatan kolesterol, gula darah ,tekanan darah  ,  ukur lingkar pinggang secara gratis dan talk show menghadirkan 2 narasumber    dr. Dani Tri Wahyu spesialis Jantung Pembuluh dan dr. Ira Spesialis Kejiwaan. Acara tersebut dihadiri Kepala Dinas Kesehatan  Kota Mojokerto,  Para Pejabat di lingkungan Dinas Kesehatan , perwakilan Puskesmas  dan ratusan kader Kesehatan.

Acara ini dibuka Kepala Dinas Kesehatan Kota Mojokerto  Dra. Cristiana Indah , WW, Apt, M.Si,      dalam sambutannya mengajak masyarakat untuk melaksanakan gerakan hidup sehat dengan CERDIK yaitu cek kesehatan, enyahkan asap rokok, rajin olah raga, diet yang berimbang,  istirahat cukup, dan kelola stres.

senam bersama kader motivator kesehatan dan paramedis dan para dokter -yuk

Indah juga  menyampaikan jargon Kota Mojokerto “ Maju melangkah ayo berbenah “   dalam hal ini melalui Dinas Kesehatan  ingin menjadi lebih baik, lebih sehat  dengan Kota Mojokerto mendukung gerakan  masyarakat hidup sehat dengan rajin aktivitas fisik,  rutin cek kesehatan , makan sayur dan buah.  Selain itu Indah juga menjelaskan bahwa  penyakit jantung dan stres / kejiwaan memang menjadi salah satu penyebab Kematian.

Untuk melakukan langkah pencegahan kami menghadirkan 2 dokter dalam talk show  diantaranya  spesialis jantung dan spesialis kejiwaan. Dikatakan Indah bahwa untuk mencegah gangguan sakit jantung    salah satunya dengan rajin berolah raga / aktivitas fisik yang dapat membantu mengendalikan berat badan dan mengurangi kesempatan kondisi lain yang dapat membuat tekanan pada jantung , seperti tekanan darah tinggi dan diabetes. Berolah raga secara rutin setiap hari cukup memberikan manfaat besar untuk jantung. Selain itu kansumsi makanan yang sehat  dapat membantu melindungi jantung.

Sebelum acara Talk Show disajikan dua buah lagu keroncong Perisai Mojopahit , lagu Mojokerto dan lagu cerdik untuk  membangun generasi sehat menuju Indonesia Unggul.

Dalam Talk Show Untuk merawat jantung dr. Dani Tri Wahyu menjelaskan bahwa yang pertama kita harus sadar diri misalnya badan kita kelebihan berat badan atau tidak. Untuk itu pertahankan berat badan yang sehat karena kelebihan berat badan dapat menyebabkan kondisi yang meningkatkan peluang terkena penyakit jantung termasuk tekanan darah tinggi, kolesterol tinggi dan diabetes. Untuk itu kolesterol  sangat penting untuk dicek. Mengapa diukur lingkar pinggang karena juga bisa menjadi alat yang berguna untuk mengukur seberapa banyak lemak perut yang dimiliki. Dan yang penting hindari lingkungan yang menyebabkan strees.

Untuk mengelola stres menurut dr. Ira spesialis kejiwaan, apakah bisa dikelola karena secara umum semua manusia mempunyai permasalahan. Ada 2 (dua) hal untuk mengelola stres dari diri kita sendiri yaitu kita harus menghindari orang – orang yang membuat kita tegang dan berusaha menjadi lebih lentur dan mudah kompromi untuk hal-hal tak bisa ditawar. Kedua dari luar diri kita yaitu berusahalah menyediakan keseimbangan bagi diri kita untuk melakukan hal-hal yang menyenangkan jadi kita harus merasa bahagia. Kita tidak perlu kecewa terus menerus apalagi sedih sampai satu Minggu, maka kita harus mempunyai semangat hidup dengan melakukan hal-hal yang menyenangkan.

Untuk mengurangi sampah plastik dalam acara tersebut peserta talk show yang berkesempatan bertanya  tentang hal-hal yang terkait dengan penyakit jantung dan mengelola stres mendapatkan doorprize botol minum. Di Kota Mojokerto sudah banyak berdiri Bank sampah jadi tidak ada alasan dalam acara ini ada sampah yang berserakan, setiap sampah  harus dimasukkan dalam tas kresek. Ajak panitia penyelenggara dan pemandu acara salah satunya Riani, SH, M.Si dari Diskominfo Kota Mojokerto dan Bayu dari Maja Fm.(yuk).

 

Print Friendly, PDF & Email