Kadis KPP Kota Mojokerto dengan tim Unbraw menunjukkan dokumen MoA-an

MOJOKERTO-GEMA MEDIA : Kota Mojokerto memiliki Ketahanan Pangan yang baik namun kurang beragam dalam hal Umbi-Umbian sebagai pengganti makanan pokok beras.  Demikian kata Prof.Dr. Teti Estiasih, STP, MP dari Universitas Brawijaya (Unibraw) Malang   dalam paparannya.  Pernyataan tersebut  atas hasil Analisis Pola Pangan Harapan (PPH) di Kota Mojokerto Tahun 2019.

Penandatanganan MoA oleh kedua belah pihak-an

Hasil yang didapat dari analisis tersebut adalah Skor PPH sebesar 89,8. Survey ini dilakukan di 3 (tiga) Kecamatan dan masing – masing Kelurahan di Kota Mojokerto dengan jumlah responden ditiap kelurahan sebanyak 15 (lima belas) orang, sehingga total jumlah responden sebanyak 270 (dua ratus tujuh puluh) orang. Metode survey dilakukan dengan cara Wawancara dengan quisioner dan pengambilan data melalui Susenas serta menggunakan Aplikasi Khusus untuk PPH, terang Teti.

Untuk meningkatkan Pola Pangan Harapan di Kota Mojokerto, Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) gandeng Unibraw mengadakan kerjasama/ MOA (Memorandum Of Agreement) dalam Bidang Pendidikan, Pelatihan, Kajian, Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat serta peningkatan kualitas Sumber Daya Manusia. Penandatanganan  MoA kedua belah pihak dilaksanakan di Aula DKPP, selasa 22/10/2019.

kegiatan di aula DKPP dalam rangka penandatanganan MoA-an

Drs. R. Happy Dwi Prastiawan, MSi Kepala DKPP Kota Mojokerto sangat mengapresiasi Kegiatan Analisis PPH yang dipimpin oleh Prof. Dr. Teti Estiasih, STP, MP bersama Tim dan memberikan dukungan penuh terhadap Nota Kesepakatan Bersama antara DKPP Kota Mojokerto dengan Unibraw. “Semoga dengan adanya kerjasama ini dapat memberikan penguatan terhadap Ketahanan Pangan di Kota Mojokerto dan berdampak pada tumbuhnya kesadaran masyarakat Kota Mojokerto untuk dapat mengkonsumsi makanan pokok yang beragam, aman, serta bergizi sebagai pengganti beras” terang Heppy.

Adanya MoA ini, ditambahkan oleh  Sri Asih, S.Sos, MM  Kabid Ketahanan Pangan, secara langsung dapat memperkuat program – program DKPP khususnya Bidang Ketahanan Pangan untuk tahun 2020, .(gusfik/an)

 

Print Friendly, PDF & Email