Edy Sutopo sedang mengedukasi anak-anak SD Wijana Sejati-an

MOJOKERTO-GEMA MEDIA :  Spirit of Mojopahit tampaknya menginspirasi berbagai pihak untuk mengenang dan melestarikan nilai sejarah kerajaan Mojopahit saat itu.  Banyak cara yang bisa dilakukan diantaranya adalah dengan menanam tananan Majapahit atau yang dikenal dengan Maja. Seperti yang dilakukan oleh LSM Sanggar Indonesia Bhakti (SIBHAKTI) Kelurahan Wates Kota Mojokerto, dalam rangka uri-uri Kejayaan Majapahit telah melakukan penanaman pohon Maja bersama ana-anak SDK Wijana Sejati Kota Mojokerto.

Sibhakti Menjelaskan tentang cara menanam sayuran-an

Direktur LSM Sibhakti Edy Sutopo menuturkan, untuk kali ini pihaknya mengundang anak-anak SDK Wijana Sejati untuk diajak belajar menanam pohon  Maja dan jenis tanaman lainnya sejenis sayuran baik system hidroponik maupun konvensional. Sebanyak 50 anak didampigi Frans Hery, S.Pd,M.Pd gurunya langsung praktek di Sanggar Sibhakti tentang tanaman dan lingkungan.

Menurut Frans denga edukasi lingkungan ini diharapkan anak-anak lebih mencintai lingkungan dan  budaya asli Indonesia dan ada nilai konservasi keanekaragaman hayati dengan menanam.  Tanaman adalah sumber oksigen terbaik dan pohon adalah tempat menyimpan air terbaik selain embung air.

belajar bersama di Sibhakti-an

Pada kesempatan ini Sibhakti  akan  menyebarkan 200 tanamanke sekolah dan lingkungan agar budaya kejayaan Majapahit benar benar terpatri dan selalu diingat warga masyarakat dan siswa, sehingga nilai2 luhur kebudayaan yang baik dapat terus terpelihara. (an)

Print Friendly, PDF & Email