Ikromul Yasa saat membuka sosialisasi informasi dan edukasi-an

MOJOKERTO-GEMA MEDIA : Dalam acara Sosialisasi Informai dan Edukasi Adipura tahun 2019, Ikromul Yasa Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Mojokerto menyampaikan bahwa seluruh RW di Kota Mojokerto wajib bentuk Bank Sampah. “ hal ini sesuai dengan arahan Walikota Mojokerto” katanya. Mengingat kegiatan Bank Sampah sangat efektif dalam mereduksi sampah rumah tangga.
Saat ini RW yang sudah membentuk Bank Sampah masih kata Yasa, sekitar 140 dari 178 RW yang ada di Kota Mojokerto. Pengelolaan sampah rumah tangga melalui Bank sampah selama ini sangat membantu terhadap penilaian Adipura. “kami berterima kasih kepada para kader /facilitator yang sudah bersemangat membantu kami dalam mengelola Bank Sampah di Kota Mojokerto ” terang Yasa.

Achmad Zaini Narasumber dari Provinsi Jawa Timur-an

Kegiatan sosialisasi tersebut menghadirkan Narasumber dari Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Jawa Timur Achmad Zaini yang membidangi Pegelolaan Sampah dan Limbah B3. Dijelaskan oleh Narasumber bahwa, penilaian adipuran tahun 2025 kaitannya dengan program Indonesia bebas sampah. Pada penilaian Adipura 2025 tidak ada penggolongan klaifikasi Kota sedang atau besar semuanya disamakan dengan kriteria yang sama.

peserta sosialisasi dan edukasi Adipura tahun 2019-an

Hal tersebut sesuai dengan Perpres No. 97/2017 tentang Kebijakan dan Strategi Nasional tentang Pengelolaan Sampah Rumah Tangga dan Sampah Sejenis Sampah Rumah Tangga. Targetnya Pengurangan sampah sebesar 30 % dari angka timbulan sampah rumah tangga dan sampah sejenis sampah rumah tanggan dan Penanganan sampah sebesar 70% dari angka timbulan sampah rumah tangga dan sampah sejenis sampah rumah tangga. “Pengurangan sampah adalah atas hasil swadaya masyarakat sedangkan penanganan adalah tanggungjawab pemerintah”. Terang Ahmad.
Sedangkan mekanisme penilaian Adipura tahun 2019 adalah peer review Klasifikasi,pemantauan dan validasi, skoring serta terakhir penentuan peraih anugerah. Pungkas Ahmad

Sosialisasi yang digelar pada kamis 10/10/2019 berlangsung di Aula DLH diikuti oleh Fasilitator Bank Sampah Kelurahan dan kader Lingkungan Berseri se-Kota Mojokerto. (an)

Print Friendly, PDF & Email