Walikota bersama Ketua DPRD, Sekdakot dan Kepala DKPP foto bersama dengan pemenang lomba

MOJOKERTO – (GEMA – MEDIA)  – Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP)  Kota Mojokerto dalam rangka memperingati hari pangan sedunia ke – 39  menggelar kegiatan  Pangan, Rabu, (25/9/2019) bertempat di depan Kantor DKPP Surodinawan Kecamatan Prajurit Kulon. Kegiatan ini dihadiri oleh Walikota  Mojokerto, Ketua DPRD,  Forum Pimpinan Daerah, Sekdakot Asisten, Staf Ahli, Kepala OPD, Ketua TP PKK Kota Mojokerto, narasumber dari Akademi Gizi Surabaya, Dekan Fakultas Ilmu Pertanian Mayjen Sungkono Kota Mojokerto, camat, lurah, Kapolsek Kecamatan Prajurit Kulon, Koramil Kecamatan Prajurit Kulon dan Ketua TP PKK Kelurahan se Kota Mojokerto. Kegiatan  ini mengambil tema : “ Mewujudkan Ketahanan Pangan dengan mengkonsumsi menu Beragam, Bergizi, Seimbang dan Aman (B2SA) di Keluarga “

Penampilan paduan suara dari KWT se Kota Mojokerto

Kegiatan yang baru pertama kali digelar ternyata mendapat sambutan luar biasa baik dari ibu Walikota Mojokerto Hj. Ika Puspitasari, SE, maupun dari Gapoktan,Gapokdakan,  komunitas reptile dan 25 Kelompok Wanita Tani (KWT). Setiap Kelurahan  menampilkan produk KWT dengan inovasi yang khas baik makanan untuk anak-anak maupun berbagai jenis tanaman sayur  dan buah-buahan  ditampilkan di bazar KWT. Kedatangan Walikota disambut dengan penampilan paduan suara dari Kelompok KWT se Kota Mojokerto.

Walikota didamping R.Happy Kepala DKPP saat mengunjungi stand KWT

Ning Ita sapaan akrab Walikota Mojokerto ketika mengunjungi satu persatu stand KWT, Stand Gapoktan, Gapokdakan,  dan komunitas repttil mengaku sangat bangga karena semangat dari tiap Kelurahan dari KWT mempunyai inovasi sendiri – sendiri  ini patut diacungi jempol dan dikembangkan apalagi Kota Mojokerto selain sebagai Kota Pendidikan dan Kota Perdagangan  akan ditambah menjadi Kota Pariwisata. Untuk menjadi Kota Pariwisata banyak sector yang harus disiapkan mulai dari budaya, seni, souvenir , reptile,   makanan  dan oleh-oleh termasuk dari potensi pertanian sayur-sayur-an, buah2an  layak dikembangkan.Kata Walikota.

Oleh karenanya peran perempuan dalam pertanian sangat mendukung untuk tercapainya pemanfaatan lahan pekarangan untuk sumber pangan keluarga. Untuk itu Walikota menghimbau agar kita bersama-sama memantapkan ketahanan pangan, ketersediaan pangan untuk kemandirian pangan dan manfaatkan lahan pekarangan dengan konsep Kawasan Rumah Pangan Lestari (KRPL) untuk kebutuhan keluarga. Ajak Walikota.

Walikota Mojokerto Hj. Puspitasari, SE, saat memberikan sambutan

Drs. R. Happy Dwi Prasetyawan, Msi, Kepala DKPP saat menyampaikan laporan mengatakan maksud dan tujuan kegiatan gelar pangan adalah untuk mempromosikan hasil produk dari Kelompok Wanita Tani (KWT), Gapokdakan, Gapoktan baik produk segar maupun olahan sehingga hasil produk dari masing-masing kelompok dapat dikenal baik oleh masyarakat luas.

R.Happy menambahkan bahwa KWT yang mengelola KRPL adalah untuk mencukupi kebutuhan penganekaragaman konsumsi pangan guna memenuhi gizi keluarga Beragam, Bergizi, Seimbang dan Aman (B2SA) sesuai yang diamanahkan dalam Undang-undang No.18 tahun 2012 serta tindak lanjut PP Nomor 17 tahun 2015 tentang ketahanan pangan dan gizi. Pada pasal 26 disebutkan bahwa upaya penganekaragaman konsumsi pangan salah satunya dilakukan melalui pemanfaatan lahan pekarangan dengan konsep KRPL.

Dari beberapa kelompok tersebut selain membudidayakan tanaman produktif, sayur-mayur juga telah membuat olahan hasil pertanian antara lain brownis kelor, minuman jahe merah, permen jahe, cincau sawi, nuged sayur dan lain-lain sebagian sudah mempunyai Pangan Industri Rumah Tangga(PIRT).

Walikota foto bersama dengan pemenang doorprize

Untuk mendukung ketahanan pangan DKPP telah memberikan bantuan kepada kelompok-kelompok masyarakat seperti kambing etawa, bibit ikan, padi, bibit, benih tanaman, dan sarana prasarana (jalan usaha tani) dengan tujuan untuk meningkatkan kesejahteraan para petani, peternak dan pembudidaya ikan, meningkatkan produktivitas dan ketersediaan pangan serta kestabilan harga dipasar. Untuk keamanan pangan DKPP melakukan pemantauan pangan segar dibeberapa lokasi.

Sedangkan klinik hewan yang dikelola DKPP memberikian pelayanan gratis pemberian vaksinasi dan pemeriksaan hewan untuk warga Kota Mojokerto.Sementara bantuan yang telah diberikan kepada petani, peternak dan pembudidaya ikan diharapkan dapat meningkatkan perekonomian masyarakat sehingga terwujud ketahanan pangan di Kota Mojokerto. Untuk itu R. Happy berharap kepada pemerintah daerah agar upaya pelayanan kepada masyarakat dapat optimal kami mohon kiranya dukungan anggaran untuk kelengkapan sarana-prasarana antara lain peralatan untuk laboratorium pemeriksaan pangan segar, sarana pengolahan kelor serta tenaga yang berkompeten.harapnya.

Drs. R. Happy Dwi Prasetyawan, Msi, Kepala DKPP saat menyampaikan laporan kegiatan

Adapun rangkaian kegiatan yang digelar dalam rangka memperingati hari pangan sedunia ke – 39 dan gelar pangan adalah lomba jajanan anak sekolah yang aman dan  sehat dan dekorasi terbaik serta workshop pangan aman dengan menghadirkan narasumber Walikota Mojokerto dan dari Akademi Gizi Surabaya. Tujuan kegiatan tersebut untuk memberi ilmu kepada masyarakat / kelompok agar mereka paham dan mengetahui bahaya pangan, dampak jangka panjang bagi kesehatan tubuh. Pada acara ini panitia menyediakan pembagian doorprize yang berbeda dengan lain yaitu doorprize berupa sepasang burung merpati dan lain-lain, beruntung pada acara ini Sekdakot Harlistyati, SH, M.Si tampak sangat senang  mendapatkan doorprize sepasang burung. Kata R. Happy.

Setelah melalui pengamatan 3 (tiga) dewan juri Dra. Enny Rachmawati, M.Si (disperindag), Dra. Kusmulyati (Dinas Kesehatan) dan Drs. Agus Supriyanto (Disporabudpar) dengan kriteria untuk jajanan anak sekolah aman dan sehat adalah resep, cita rasa, kandungan nilai gizi, inovasi dan kemasan. Sedangkan untuk lomba dekorasi stand terbaik dengan kriteria keindahan, display dan penataan, juaranya sebagai berikut :

 

Kategori lomba jajanan anak sekolah yang aman dan  sehat.

N0 Nama Juara
1 KWT “ Anggrek “ Kelurahan Jagalan Juara I
2 Gapoktan Kota Mojokerto Juara II
3 KWT “ Lestari” Kelurahan Surodinawan

 

Juara III
4 KWT “ Semangka “ Kelurahan Wates Juara Harapan I

 

 

Kategori lomba dekorasi terbaik

N0 Nama Juara
1 KWT “ Srikandi Jaya  “ Kelurahan Surodinawan Juara I
2 KWT “ Srikandi “ Kelurahan Purwotengah Juara II
3 KWT “ Tani Makmur Setunggal ” Kelurahan Balongsari

 

Juara III
4 KWT “ Subur Jaya “ Kelurahan Gedongan Juara Harapan I

(yuk).

 

 

 

 

 

Print Friendly, PDF & Email