Bertempat di IPHI Kabupaten Mojokerto LSPI Arrosyid manasik haji-an

MOJOKERTO-GEMA MEDIA : Dalam rangka menyambut Tahun Baru Islam 1441 H, LSPI ARROSYIID Mengadakan kegiatan manasik haji pada selasa, 17/9/2019.  Manasik Haji kali ini diikuti oleh siswa Daycare, PG, TK, SD ISLAM ARROSYIID bertempat  di Ikatan Persaudaraan Haji Indonesia (IPHI) Kabupaten Mojokerto. Mengerjakan haji adalah kewajiban manusia terhadap Allah, yaitu (bagi) orang yang sanggup mengadakan perjalanan ke Baitullah. Barangsiapa mengingkari (kewajiban haji), maka sesungguhnya Allah Maha Kaya (tidak memerlukan sesuatu) dari semesta alam”.

anak-anak peserta Manasik Haji-an

Ketua LSPI ARROSYIID, Ir. Drs. H. Soelistyo Pribadi, M.M. (Sulis panggilan akrabnya) mengatakan, kegiatan ini dilaksanakan setiap dua tahun sekali, dengan tujuan untuk memberikan pengetahuan dan pemahaman mengenai tata cara berhaji terutama bagi anak-anak sejak usia dini. “ibarat belajar diwaktu kecil bagaikan mengukir diatas batu, belajar saat usia dewasa bagai mengukir diatas air” hal ini dikandung maksud pemahaman tentang tata cara haji sudah terpatri pada diri anak, sehingga saat dewasa mereka telah memiliki bekal saat menunaian ibadah haji yang sesungguhnya.

praktek towf mengelilingi kakbah-an

“Mengawali pelatihan, anak-anak  sudah siap dengan mengenakan baju Ihram dituntun melafazkan niat haji, kemudian bersiap untuk wukuf di Arafah layaknya haji pada umumnya. Selanjutnya yaitu melempar jumroh ula, wusta, dan akobah. Setelah itu dilanjutkan tawaf (mengelilingi ka’bah) dan minum air zam-zam dengan melafalkan doanya”.kata Sulis.

Masih kata Sulis Antusias anak begitu terlihat selama proses pelatihan. Meski terik matahari menyengat, anak-anak tetap bersemangat. Saat lari kecil (sa’i) dari tempat yang dianggap sebagai bukit Safa ke Marwah, anak-anak itu terlihat gembira dan lucu sekali. Terakhir yaitu tahalul, anak-anak diwajibkan memotong sedikit rambutnya sebagai penyempurna haji.

Kegiatan ini diikuti oleh 250 peserta dan guru pendamping. “saya berharap anak-anak memiliki motivasi dan cita-cita untuk menunaikan Rukun Islam kelima tersebut sejak dini,” ujar ketua panitia  Hj. Indra Dwi Muhardini.(an)

Print Friendly, PDF & Email