dari kiri Agus Triyatno dan Musrifah-an

MOJOKERTO-GEMA MEDIA: Jelang pelaksanaan Lomba Cerdik Cermat Komunikatif (LCCK) tingkat Kota Mojokerto, Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Mojokerto menggelar Teknical meeting dan rapat koodinasi. Rapat yang diikuti perwakilan 14 KIM dipimpin oleh Agus Triyatno, S.STP Kepala Bidang Pelayanan Komunikasi dan Informasi bertempat di ruang rapat Diskominfo, Senin 16/9/2019.

Agus demikian panggilan akrabnya, menjelaskan bahwa  Diskominfo Kota Mojokerto selaku instansi Pembina, terus melakukan pendampingan dan pembinaan terhadap KIM yang ada agar lebih efektif dan berfungsi sebagaimana mestinya. Berbagai upaya dilakukan untuk melakukan pembinaan dengan ragam kegiatan.

Selain sosialisasi dan pelatihan-pelatihan, untuk tahun 2019 ini Diskominfo akan menggelar LCCK tingkat Kota Mojokerto dengan anggaran Dana Bagi Hasil Cukai dan Hasil Tembakau (DBHCHT). “mengingat APBD tidak  bisa teranggarkan, maka upaya kami selaku instansi Pembina KIM berusaha mencari terobosan dengan menggunakan DBHCHT, agar KIM tetap exix dan dapat menjalanlan perannya sebagai agen perubahan” katanya.

Dijelaskan oleh Agus bahwa, dalam LCCK kali ini diikuti 14 KIM yang sudah terseleksi dari sejumlah KIM yang ada di Kota Mojokerto. KIM yang sudah terseleksi dimaksud adalah KIM yang sudah terigrestasi di Web Kim jatim.  Ada 3 tahapan dalam LCCK, tahap I seleksi verifikasi administrasi mulai tanggal 7 sd. 18 Oktober 2019.  Pada tahap I ini KIM wajib memiliki media online dalam bentuk Web/Bloog, struktur organisasi, Anggaran Dasar dan Angaran Rumah Tangga, Profil KIM, Biodata pengurus, Tugas pokok dan fungsi pengurus, surat keterangan anggota, Program kerja dan agenda kegiatan, Dokumentasi kegiatan, tertib administrasi dan telah melaksanakan program literasi digital.

peserta Rapat koordinasi dalam rangka persiapan LCCK Kota Mojokerto-an

Tahan II, setiap KIM wajib menulis 7 artikel  berita tentang PMK 222/2017 dan diupload di Blog, Facebook, dan Instagram masing-masing KIM dan dimulai tanggal 22 Oktober sd. 4 Nopember 2019. Tahap II ini diumumkan tanggal 5 Nopember 2019. Pada tahap II ini juga KIM membuat 2 vidio bertema  Potensi Kota Durasi Max 5 menit. Untuk ini juga diupload di blog, facebook, dan instagram masing-masing KIM  mulai tanggal 22 Oktober sd. 12 Nopember 2019. Untuk video vlog dinilai tanggal 13 Nopember 2019.

LCCK ini dengan system gugur, setelah tahap I dan II lolos, maka KIM berhak maju ke tahap berikutnya (ke III) dengan permainan ketangkasan berkelompok 4 orang tanggal 13 Nopember 2019 di halaman Diskominfo Kota Mojokerto. sedangkan Cerdas Cermat dengan system kahoot dengan 3 peserta dilaksanakan tanggal 19 Nopember 2019 di Kawasan Benteng Pancasila. Bagi peserta yang berhasil meraih juara akan diberikan hadiah total 10 juta Rupiah. Demikian penjelasan Agus didampingi Musrifah, SH Kasi Pengaduan dan Pemberdayaan Masyarakat. (an)

Print Friendly, PDF & Email