Sambutan Ketua Pengadilan Negeri Mojokerto Muslim,SH

MOJOKERTO – {GEMA MEDIA) – Pengadilan Negeri (PN) Kelas IIB Mojokerto, menggelar sosialisasi tata cara mengajukan gugatan perdata maupun gugatan tata usaha negara secara elektronik ( E-Court), di Pendopo Pemerintah Kota Mojokerto, Jalan Gajah Mada No145, Kota Mojokerto.

“Sebelumnya Mahkamah Agung (MA) telah melauncing aplikasi E-Litigasi. Aplikasi ini nantinya untuk persidangan secara elektronik yang akan digunakan untuk hakim, panitera, dan jurusita dalam memanggil para pihak secara elektronik,” kata Ketua PN Mojokerto di saat memeberikan sambutan . Senin, (9/9/2019).

Aplikasi E-Litigasi atau persidangan secara elektronik tersebut nantinya akan berlaku untuk perdata biasa, gugatan sederhana, dan permohonan. Nantinya proses tersebut akan ada tanya jawab seperti pembacaan gugatan, replik, duplik yang dilaksanakan menggunakan secara elektronik.

Wakil Walikota H Achmad Rizal Zakaria saat Memberikan Arahan kepada peserta sosialisasi.

“Nanti ada kesepakatan apakah kedua pihak akan menggunakan elektronik atau sidang biasa. Kalau menggunakan sidang elektronik mereka tidak perlu datang,” imbuhnya.

E-Litigasi merupakan kelanjutan dari E-Court yang diberlakukan untuk perkara perdata. Dalam E-Litigasi ini, digitalisasi tidak hanya dilakukan dalam hal pembayaran perkara maupun biaya pemanggilan akan tetapi diperlakukan pula dalam tukar-menukar dokumen, jawab-menjawab, pembuktian, dan penyampaian putusan.

“Tujuan diberlakukannya E-Litigasi ini diharapkan proses peradilan bisa lebih cepat, dapat menjembatani kendala geografis, dan juga menekan tingginya biaya perkara sehingga manfaat yang didapat dari E-Litigasi ini dapat terpenuhinya asas peradilan sederhana, capat, dan berbiyaa ringan,” katanya.

Hal senada diungkapkan Wakil Walikota Mojokerto H Achmad Rizal Zakaria, seiring dengan perkembangan tehnologi saat ini aplikasi-aplikasi yang mempermudah masyarakat untuk meminta pelayanan. Dan sistem ini akan mengurangi bahkan memangkas tindak pidana lain, pungli dan korupsi lainnya.

Peserta dan undangan sosialisasi E-Court dan E-Litigasi di Pendopo Kantor Pemerintah Kota Mojokerto

“Saya berharap kesempatan yang baik ini kita manfaatkan,  untuk menambah wawasan kita dalam memperoleh informasi, sehingga dapat memenuhi tuntutan para pencari keadilan di wilayah Kota/Kabupaten Mojokerto akan peradilan yang efisien dan murah,” katanya.

Sosialisai tersebut di hadiri oleh Kepala Kejaksaan Negeri Kota/Kabupaten Mojokerto, Kepala OPD, serta Camat Kab/Kota Mojokerto serta undangan dari instansi non Pemerintahan Kota/Kabupaten Mojokerto. (Jen/Yuk).

Print Friendly, PDF & Email