Ketua TP PKK Propinsi Jawa Timur Arumi Bachsin Emil Elestianto Dardak bersama dengan TP PKK Kota Mojokerto

MOJOKERTO ; ( GEMA MEDIA ) : untuk membudidayakan tanaman jahe merah 10 (sepuluh) orang TP PKK Kota Mojokerto mengikuti kegiatan Kick Off Lomba Taman Herbal Bejo (THB) , Propinsi Jawa Timur  bertempat di Ruang Pertemuan TP PKK Provinsi Jawa Timur Jalan Gayung Kebonsari , Kamis (8/08/2019). Maksud dan tujuan : Untuk mengajak seluruh warga untuk melestarikan TOGA/Taman Herbal di setiap Kelurahan melalui Lomba Toga / Taman Herbal Bejo dan menghimbau  masyarakat tentang budidaya Herbal ( budidaya jahe merah).

Acara tersebut dibuka oleh Ketua TP PKKb Propinsi  Jawa Timur Arumi Bachsin  Emil Elestianto Dardak. Dalam sambutan Pembukaan Arumi Bahsin  mengajak masyarakat serta anggota TP PKK, untuk membudidayakan tanaman jahe merah. Ini karena tanaman tersebut memiliki berbagai khasiat, serta nilai ekonomis yang tinggi. Dengan begitu, diharapkan masyarakat serta anggota TP PKK akan lebih sejahtera.Selain khasiatnya banyak, jahe merah bisa jadi salah satu pilihan bagi yang ingin memiliki penghasilan tambahan, dan bisa dikerjakan di rumah. Jika kualitasnya baik, jahe merah juga bisa diekspor.

Peserta dari 9 Kota di Jawa Timur menerima paket jahe merah

Arumi Bachsin menambahkan  berbagai khasiat jahe merah diantaranya adalah sebagai antioksidan, membuat awet muda, dan bisa mencegah obesitas. Selain itu juga bisa melancarkan aliran darah, melancarkan pencernaan sehingga menjadi obat yang ampuh untuk kolesterol, serta sebagai obat herbal yang andal. Bahkan bagi kaum pria, jahe merah berkhasiat untuk memperkuat stamina.

Arumi Bachsin berharap budidaya jahe ini bisa menjadi salah satu pilihan masyarakat yang tinggal di kota, khususnya kaum milenial, yang ingin sukses dan kaya lewat bertani, ujarnya sembari menambahkan, paradigma generasi muda perlu diluruskan, bahwa meraih sukses tidak hanya bisa dicapai dengan bekerja kantoran, tapi juga bisa dicapai lewat bertani.Harapnya.

Pimpinan PT. Bintang Toedjoe, Agus Setiawan mengatakan, pihaknya sedang fokus mengembangkan produk-produk herbal berbasis jahe merah. Karena itu, ia ingin mengajak masyarakat serta anggota TP PKK untuk membudidayakan jahe merah sampai berhasil panen.

TP PKK Kota Mojokerto mencicipi salah satu produk Herbal Bejo

Jadi bahan bakunya kami sediakan, kemudian petaninya kami edukasi, kami berdayakan, sampai berhasil panen jahe merah. Kemudian hasil panennya kami beli dengan skema kerjasama, kemudian jahe merah hasil panen itu kami olah menjadi berbagai produk herbal, yaitu produk Bejo Jahe Merah, katanya.

Kegiatan yang yang berlangsung sehari peserta mendapatkan materi  tentang Program tanaman jahe merah disampaikan Koko dan budidaya jahe merah oeh  Patrisia dari PT. Bintang Todjoe. Kegiatan ini sejalan dengan program pemanfaatan pekarangan dengan gerakan HATINYA ( Halaman Asri, Teratur, Indah dan Nyaman ) upaya yang dilakukan oleh PT. Bintang Toedjoe sejalan dengan visi dan misi dari TP PKK Jatim dan pemerintah. Yaitu, memberdayakan, memberikan manfaat, edukasi, dan nilai tambah kepada masyarakat. (yuk).

 

 

 

 

 

 

 

Print Friendly, PDF & Email