Pembukaan Sosialisasi Peraturan Perundang-undangan tahun 2019

Bahwa narkoba yang sejatinya adalah zat yang digunakan dalam dunia medis untuk berbagai pengobatan namun seiring waktu berbalik menjadi ancaman dan memiliki efek yang sangat buruk bagi kesehatan dan mental, jika digunakan tidak sesuai dengan dosis dan tujuan semestinya, tidak hanya buruk bagi kesehatan dan perkembangan mental pelakunya namun juga berdampak pada lingkungan sosial karena meningkatnya kriminalitas yang diakibatkan pengaruh dari zat narkoba. Pelajar dan generasi muda secara umum memiliki semangat dan visi yang melahirkan ide-ide kreatif untuk perkembangan individu maupun untuk lingkungan sosial, namun disisi lain usia remaja adalah masa pencarian jati diri yang sedikit banyak mempengaruhi pola pikir dan mudah terbawa arus dan terpengaruhi hal-hal yang negatif yang salah satunya adalah penyalahgunaan narkoba. Guna mencegah serta menanggulangi hal tersebut Pemerintah Kota Mojokerto, malalui Bagian Hukum melakukan Sosialisasi Peraturan Perundang-undangan tahun 2019 dengan tema “Strategi Sistemis dalam Pencegahan, Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkoba (P4.GN) di Kota Mojokerto.

Narasumber : AKBP. Suharsi, SH, M.Si Kepala BNN Kota Mojokerto,menyajikan materi

Jumat (26/7/2019) kegiatan yang di buka oleh Abd. Rachman Tuwo MN, S.Sos, MM Asisten Administrasi Pemerintah Kota Mojokerto, dalam sambutannya dijelaskan bahwa untuk mewujudkan masyarakat Indonesia yang sejahtera adil dan makmur yang merata materiil dan spiritual berdasarkan Pancasila dan Undang-undang Dasar Negara 1045, kualitas sumber daya manusia adalah salah satu modal pembangunan nasional perlu dipelihara dan ditingkatkan secara terus-menerus termasuk derajat kesehatan manusia dalam rangka mewujudkan kesejahteraan masyarakat perlu dilakukan upaya peningkatan di bidang pengobatan dan pelayanan kesehatan antara lain dengan mengusahakanketersediaan narkotika jenis tertentu yang sangat dibutuhkan sebagai obat serta melakukan pencegahan dan pemberantasan bahaya penyalahgunaan dan peredaran gelap narkotika dan prekursor narkotika. Narkotika di satu sisi merupakan obat atau bahan yang bermanfaat di bidnag pengobatan atau pelayanan kesehatan dan pengembangan ilmu pengetahuan, di sisi lain dapat pula menimbulkan ketergantungan yang sangat merugikan apabila disalah gunakan atau digunakan tanpa pengendalian dan pengawasan yang ketat dan seksama.

Narkotika dalam UU No 35 tahun 2009 adlaah zat atau obat yang berasal dari tanaman atau bukan tanaman, baik sintetis maupun semisintetis, yang dapat menyebabkan penurunan atau perubahan kesadaran, hilangnya rasa, mengurangi sampai menghilangkan rasa nyeri dan dapat menimbulkan ketergantungan, yang dibedakan ke dalam golongan-golongan. Penggolongan narkotika tersebut berbanding lurus dengan penjatuhan hukuman kepada para pelaku penyalahgunaan narkotika. Dalam UU No 35 tahun 2009 diatur jenis hukuman kepada para oelaku tindak pidana yang berbeda tergantung kepada golongan narkotika yang dipergunakan. Diharapkan dengan adanya sosialisasi ini  dapat mencegah, memberantas penyalahgunaan dan peredaran narkoba di Kota Mojokerto dapat dicegah dan ditanggulangi oleh semua elemen baik itu instansi terkait ataupun masyarakat Kota Mojokerto pada umumnya.

Print Friendly, PDF & Email