Tim Kreatif Gema Media melakukan proses penggarapan animasi Wayang Beber

MOJOKERTO – (GEMA MEDIA) – Kemajuan teknologi yang berkembang sangat pesat, memacu kreatifitas generasi muda untuk melakukan banyak inovasi. Salah satunya, mengapilkasikan kesenian rakyat menjadi suguhan dalam bentuk visual elektronik.

Wayang Beber, salah satu bentuk kesenian rakyat yang sudah melegenda, menjadi obyek untuk diubah dalam bentuk visual elektronik, yaitu animasi. Kreasi inovasi ini mampu dibuat oleh Soni Wijayanto, anak muda asal Dawarblandong, Kabupaten Mojokerto.

Dalam proses pembuatan animasi Wayang Beber tersebut, Soni mengandalkan fasilitas fitur-fitur komputerisasi yang sangat memadai. Sehingga mampu menciptakan gerakan-gerakan gambar yang diinginkan.

“Saya hanya memanfaatkan fitur yang sudah tersedia pada software komputer, tinggal mengolah dan memadukan satu dengan yang lain,” katanya saat ditemui awak media, Rabu (24/7/2019).

Tim Kreatif Gema Media melakukan proses penggarapan animasi Wayang Beber

Dirinya mengaku bahwa kecanggihan teknologi yang dikembangkan oleh pencipta software, sangat membantu dalam mengekspresikan imajinasinya dalam proses pembuatan animasi.

“Kita bisa membuat bentuk apa saja karena semua sudah tersedia dalam software itu. Tinggal bagaimana kita membuat bentuk lebih teliti dan cermat dalam memadukannya,” lanjutnya.

Pemuda kelahiran tahun 1998 menggeluti bidang IT sejak kelas V Sekolah Dasar. Awalnya dia membantu orang tua mengerjakan editing foto dan secara terus menerus menggeluti bidang tersebut hingga mengenal teknologi komputerisasi yang lebih canggih.

“Bidang ini saya tekuni tidak hanya sebagai hobi, melainkan sudah menjadi pekerjaa profesi saya,” ungkapnya singkat.

Untuk karya animasi yang pernah dibuat, memang belum sepenuhnya dikerjakan secara terus menerus. Hal ini disebabkan banyak faktor yang tidak bisa ditinggalkan untuk lebih menekuni penciptaan karya animasi secara fokus.

“Kalau animasi itu memang sambil lalu, karena saya lebih pada membantu usaha orang tua yaitu jasa Shooting. Saya juga menerima job shooting, yang sering itu shooting musik dangdut,” tukasnya.

Selain itu, lanjutnya, dia juga menerima pekerjaan untuk editing video dan acara wedding dan masih banyak lagi yang lainnya.

“Jika memang ada job pembuatan animasi khususnya untuk cerita rakyat atau wayang, insyaallah saya juga bisa mengerjakannya,” pungkasnya. (Ron/yuk)

Print Friendly, PDF & Email