Agustuti Rosyid, SE,M.Si beserta staf serta petugas kepolisian mempersiapan peralatan dan perangkat teknis yang diperlukan-an

MOJOKERTO-GEMA MEDIA: Para pakar kesehatan menyimpulkan, sedikitnya ada 5 penyakit yang  disebabkan oleh adanya polusi udara. Kelima penyakit tersebut adalah Ispa, Asma, Pneumonia, Bronchopneumonia dan Jantung Koroner. Polusi itupun terjadi diantaranya akibat jumlah kendaraan bermotor yang semakin banyak. Untuk mengeliminasi penyakit tersebut Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Mojokerto secara rutin menggelar uji emisi gas buang kendaraan bermotor secara gratis. Untuk tahap kedua kali ini berlangsung di Lapangan Raden Wijaya Kelurahan Surodinawan Kecamatan Prajuritkulon  Kota Mojokerto pada rabu, 24/7/2019.

Gaguk Tri Prasetyo, ATD,MM Kadishub dan Plt.Kadiskominfo Kota Mojokerto-an

Gaguk Tri Prasetyo,ATD,MM Kepala Dishub Kota Mojokerto saat dikonfirmasi mengatakan, uji emisi gas buang ini adalah memberikan pemahaman dan edukasi kepada masyarakat akan pentingnya udara bersih di Kota Mojokerto serta menumbuhkan kesadaran untuk menjaga langit tetap biru.”jika kendaraan yang diuji emisi tidak lulus, maka petugas merekomendasikan kepada pemilik kendaraan agar menservis kendaraanya. Dalam hal ini tidak ada tindakan berupa penilangan kendaraan tersebut.” terang Gaguk.

Kegiatan Uji Emisi Gratis lanjut Gaguk, pertama kali di Launching pada Tanggal 06 Desember 2018 bertempat di Alun-Alun Kota Mojokerto. Tahun 2019 ini sudah kedua kalinya dan rencananya ada uji emisi tahap ketiga. Kegiatan Uji Emisi Gratis ini  sesuai Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2009, tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan dan Peraturan Menteri Lingkungan Hidup nomor 5 Tahun 2006 Tentang Ambang Batas Emisi Gas Buang Kendaraan bermotor.

bertempat di Lapangan Raden Wijaya gelar pasukan sebelum uji emisi gas buang dilaksanakan-an

Agustuti Rosyid, SE,M.Si Kepala Bidang Angkutan Sarana dan Prasarana Dishub Kota Mojokerto, turut serta memberikan pelayanan kepada pemilik kendaraan bermotor yang memasuki lapangan tempat untuk melakukan pemeriksaan. Kendaraan yang sudah diuji langsung bisa diketahui hasilnya.  Jika memenuhi syarat atau lolos petugas memberikan stiker dan ditempel di kendaraan tersebut.  Jika hasil uji tidak layak, maka diberikan rekomendari agar kendaraan tersebut melakukan turn up atau tindakan lainnya agar lebih layak untuk dikemudi. Jumlah kendaraan yang disasar sebanyak 50 kendaraan roda empat pribadi yang melintas di sepanjang Jl. Raya Surodinawan. Proses uji kali ini petugas Dishub dibantu jajaran kepolisian dari Polres Mojokerto Kota. kegiatan berjalan dengan lancar dan pemilik kendaraan yang merasa senang Karena mendapatkan layanan yang sangat baik. (an)

 

Print Friendly, PDF & Email