Pembinaan lokus FKKS Prajuritkulon bersama FKS, Pokja dan Dinkes serta OPD terkait-an

MOJOKERTO-GEMA MEDIA : Kelembagaan adalah salah satu syarat untuk penilaian administrasi sebelum penilaian lapang.  Sehingga kelembagaan ini perlu dikuatkan selain kondisi di lapangan. Demikian juga terhadap penyelenggaraan Kab/Kota sehat di Indonesia.  Penilaian secara administrasi termasuk kelembagaan adalah penilaian awal. Setelah dinyatakan lolos administrasi baru dilanjutkan penilaian lapangan yang menjadi lokus.

Tahun 2019 Kota Mojokerto kembali mengikuti verifikasi Kab/Kota Sehat tingkat nasional kategori Wiwerda. Untuk itu Dinas Kesehatan selaku instansi Pembina melakukan pembinaan dan evaluasi ke beberapa lokus yang akan dikunjungi. Salah satu diantaranya adalah Lokus Forum Komunikasi Kelurahan Sehat (FKKS) Kecamatan Prajuritkulon Rabu, 17/7/2019.

ketua FKS (tengah) dan para Narasumber-an

Camat Prajuritkulon Yusuf  Setiawan, AP selaku narasumber menyampaikan bahwa, pihak Kecamatan dalam penyelenggaraan Kab/Kota Sehat siap mendukung.  Keberadaan Camat yang juga perangkat daerah mempunyai kewajiban untuk turut serta mensukseskan penilaian Kota  sehat sesuai dengan tugas dan fungsi. “Kami berterima kasih kepada Forum Kota Mojokerto Sehat yang mempercayakan FKKS Prajuritkulon sebagai salah satu Lokus kunjungan lapangan” katanya.  Kelembagaan FKKS Prajuritkulon, pihak Kecamatan sudah menyediakan ruangan dan kelengkapan lain seperti mebeler, komputer dan printer serta pendukung lainnya.  Yusuf berharap,jika FKKS Prajuritklon sebagai pendukung penilaian Kota Sehat nati berhasil meraih penghargaan, kiranya ada reword yang dibeikan oleh Pemerintah. “penghargaan bukan hanya sekedar Thropy dan plakat, akan lebih memotivasi lagi jika ada penghargaan beruoa uang pembinaan” kata Camat Prajuritkulon ini.

para peserta serius mengikuti diskusi-an

Secara teknis tentang Kelembagaan dijelaskan oleh Riani, SH,M.Si ketua Forum Kota Mojoketo sehat bahwa, Kelembagaan FKS, FKKS dan Pokja Kelurahan Sehat harus memiliki ruangan sekretariat. Dilengkapi dengan Struktur Organisasi, Program Kerja, Dokumen kegiatan, ageda surat keluar masuk, daftar hadir rapat, notulen, SK-SK,  serta pendukung lainnya. untuk FKKS Prajuritkulon berdasarkan hasil evaluasi, menurut Riani sudah cukup lengkap tinggal penyempurnaan penataan dokumen foto kegiatan saja.

Verifikasi lapangan yang direncanakan bulan Agustus- September 2019, selain FKKS Prajuritkulon, lokus lain yang dikunjungi adalah Kampung Tertib Lalu Lintas, Posyandu Jiwa, Kampung Kasih Setia, Posyandu Lansia, TPA  dan lokus lain yang mewakili 4 tatanan yaitu kawasan permukiman dan sarana prasarana sehat, Tatanan Lalu Lintas, Tatanan kehidupan sehat mandiri dan kehidupan social yang sehat. Keempat tatanan tersebut adalah penilaian yang diajukan oleh Pmerintah Kota Mojokerto karegori Wiwerda. (an)

Print Friendly, PDF & Email