dari kanan: Lisa Sidyawati, S.Pd., M.Pd, dan Vira Setia Ningrum , S.Pd.-an

MOJOKERTO-GEMA MEDIA : Semangat yang luar biasa, terpancar di raut wajah mereka. Ibu-ibu para kader di Kota Mojokerto didapuk jadi wartawan Tabloid Suhita.  Berawal dari sebuah kegiatan dalam program Pengabdian Masyarakat yang digagas oleh Pusat Gender dan Kesehatan LP2M Universitas Negeri Malang. Salah satu bentuk kegiatan yang dilakukan adalah meningkatkan literasi perempuan di Kota Mojokerto melalu Tabloid Suata Hati Kita (Suhita).

Pertemuan pada hari ini Sabtu, 13 Juli 2019 adalah yang kedua kalinya, bertempat di Aula Kecamatan Kranggan Kota Mojokerto. Didampingi  Lisa Sidyawati, S.Pd., M.Pd, dan Vira Setia Ningrum , S.Pd.   Menurut Lisa, ibu-ibu di kota Mojokerto saat ini benar-benar menjadi penulis untuk menginformasikan kegiatan sekitar yang sehari-hari dijumpainya. “dengan belajar menulis, maka ibu-ibu akan terampil membuat tulisan, maka literasi meraka juga akan meningkat”. Katanya.

Tabloid Suhita, merupakan media citizen journalism yaitu bentuk media warga yang ditulis dan distribusikan oleh waraga itu sendiri.   “Prinsipnya semua boleh nulis, semua boleh jadi wartawan hasil karyanya kita sesuaikan dengan rubric masing-masing. Walaupun demikian tetap memperhatikan kode etik jurnalistik. Jangan sampai menulis berita bohong/hoax atau informasi-infomasi yang dapat meresahkan masyarakat.

Tim redaksi dan pembimbing foto bersama-an

Pada pertemuan kali inI Lebih banyak membahas kasil karya para  wartawan yang sudah dishare di group sebelumnya.  Menurut  Lisa, sebagai  pemula ibu-ibu sudah bisa menuangkan tulisan yang cukup bagus. Dilihat dari tata bahasa, content yang dibahas cukup menarik dan sangat bervariatif. “ sungguh sangat membanggakan, semangat mereka yang luar biasa patut terus disuport agar penerbitan Tabloid Suhita ini bisa berkelanjutan” kata Lisa.

Materi yang sudah terkumpul masih kata Lisa, dalam bentuk berita/artikel, profil, aneka resep dan juga puisi serta berbagai kegiatan yang dilakukan oleh para kader di lingkungan mereka baik ditingkat RT/RW, Kelurahan dan Kecamatan serta tingkat Kota.

Sebanyak 20 (dua puluh) orang kader yang menjadi tim redaksi Tabloid Suhita ini, dari memiliki kegiatan masing-masing. Kader Posyandu, kader lingkungan berseri, kader Motivator Kesehatan, kader Bank Sampah, Kader Lansia, pengurus LPM, pengurus PSM, guru senam, guru PAUD dan lainnya.  Sumberdaya tersebut dapat mendukung literasi dalam penulitas Tabloid Suhita. Semua materi yang terkumpul masih dalam proses editing, dan rencana penerbitan pertama pada bulan Agustus 2019. (an)

Print Friendly, PDF & Email