Pembukaan Pelatihan Manajemen Keuangan bagi UMKM

Dinas Koperasi, Usaha Mikro dan Tenaga Kerja Kota Mojokerto Kamis (11/7/2019) telah mengadakan Pelatihan Manajemen Keuangan bagi UMKM di Ruang Meeting Hotel Ayola Sunrise Kota Mojokerto, yang di ikuti 60 UMKM yang dibuka oleh Kepala Diskoumonaker Hariyanto, SE. Dalam sambutannya dikatakan bahwa tujuan dilaksanakan pelatihan, agar para peserta dapat menyusun laporan keuangan, supaya pengusaha mikro bisa menyediakan informasi yang menyangkut posisi keuangan, kinerja serta perubahan posisi keuangan Lembaga yang bermanfaat dalam pengambilan keputusan, karena laporan keuangan menjadi faktor penting untuk melihat kemajuan usaha.

Melalui UMKM di dunia bisnis yang kompetitif dan perlu diperhatikan adalah salah satunya mengatur manajemen keuangan. Setiap bisnis, besar atau kecil selalu memperhatikan satu hal krusial yaitu manajemen keuangan. Manajemen keuangan yang baik sangat penting untuk mempertahankan bisnis dari kondisi ekonomi yang tidak stabil dan persaingan bisnis, terutama UMKM perlu berhati-hati dengan keputusan keuangan mereka dari sejak awal berdiri. Setiap bisnis membutuhkan struktur keuangan yang menghasilkan laba agar tetap bisa persisten dan kredibel, sehingga yang dibutuhkan pengusaha adalah mengelola keuangan dengan benar melalui proses perencanaan, analisis dan pengendalian terhadap kegiatan keuangan. Kegiatan keuangan tidak saja berlangsung pada bagian atau fungsi keuangan melainkan SDM, operasional, produksi pemasaran dan lain-lain.\

Peserta Pelatihan Manajemen Keuangan bagi UMKM

Manajemen keuangan adalah kunci penting keberhasilan sebuah usaha yang masih kecil seperti UMKM ; pengaturan keuangan yang baik akan memudahkan jalannya usaha dan menghindarkan bisnis dari resiko Gulung Tikar. Manajemen sederhana yang harus dijalankan UMKM : Membuat Anggaran Kas, Harus Tau Perubahan Arus Kas, Catatan PiutangĀ  jika memiliki piutang yang belum dibayar maka hal tersebut harus diperhatikan jangan sampai mengganggu arus kas, cek terus beban hutang, kurangi biaya operasional sebisa mungkin, manfaatkan kredit sebaik-baiknya, gunakan kelebihan kas untuk pengembangan. Adapun untuk pelatihan ini Narasumber/Widya Iswara kita ambilkan dari UPT Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Jawa Timur dan dari Narasumber kedua kita ambilkan dari Dosen Universitas Ciputra Surabaya, karena perhatian pemerintah tertuju pada kelompok usaha dari orang per orang. Dalam pelatihan manajemen keuangan bagi UMKM.

Peserta diberikan pelatihan dasar penyusunan laporan keuangan agar pengusaha mikro bisa menyediakan informasi yang menyangkut posisi keuangan, kinerja serta perubahan posisi keuangan lembaga yang bermanfaat dalam pengambilan keputusan. Tentunya Laporan Keuangan menjadi faktor penting untuk melihat kemajuan usahanya.

Print Friendly, PDF & Email