foto bersama Walikota Mojokerto, pimpinan KPK dan Forkopimda , Wawali dan Sekdakot dan pimpinan instansi Vertikal-an

MOJOKERTO-GEMA MEDIA : Roud Show Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) jelajah negeri  Bangun Korupsi kini sampai di Kota Mojokerto selasa, 9/7/2019. Pimpinan KPK bersama tim disambut oleh Walikota dan jajaran forum koordinasi pimpinan daerah Kota Mojokerto bertempat di GOR Seni Mojopahit.Mojokerto. Dalam Roud Show kali ini KPK ada 28 Kab/kota di Provinsi Jawa Timur, Jawa Tengah dan Provinsi Bali yang dikunjungi.  Dari jumlah tersebut 17 Kab/Kota  di Jawa Timur dan 1 diantaranya adalah Kota Mojokerto.

Pimpinan KPK Budi Santoso dalam sambutanya menyampaikan Roud Show kali ini dilaksanakan atas dasar belajar dari peristiwa dan program yang telah dialui oleh KPK sekitar 15 tahun terakhir ini.  “Seolah-olah olah KPK identic dengan OTT/peninndakan Operasi Tangkap Tangan” katanya. Dengan roud show ini, diharapkan dapat mengeliminir kesan tersebut.

Budi Santoso pimpinan KPK saat memberikan sambutan-an

Pasal 6 UU Nomor 30 trahun 2002 tentang Pemberantasan Tindak Pisana Korupsi kata Budi, ada lima tugas dan fungsi KPK yaitu Koordinasi dengan instansi yang berwenang melakukan pemberantasan tindak pidana korups;  Supervisi terhadap instansi yang berwenang melakukan pemberantasan tindak pidana korupsi; Melakukan penyelidikan, penyidikan, dan penuntutan terhadap tindak pidana korupsi; Melakukan tindakan-tindakan pencegahan tindak pidana korupsi; dan Melakukan monitor terhadap penyelenggaraan pemerintahan negara.

Tujuan Roud show Mendekatkan diri, memberikan edukasi. “Bersama seluruh elemen bangsa memberantas korupsi di Indonesia” hal ini tidak mungkin dapat melakukan pemberantasan korupsi sendirian. KPK memiliki 1658 Sumber Daya Manusia,  Jumlh ini belum seimbang dengan jumlah penduduk Indonesia sekitar  260 juta jiwa.  Sebagai konsekwensinya KPK mengajak stake holder utamanaya para pemangku kepentingan.

Kegiatan di Kota Mojokerto dongeng dan pemutaran film anti korupsi, pameran layanan public, pusat pengaduan masyarakat, kulah umum dan pembekalan caleg terpilih  pembekalan pencegahan korupsi pada dunia usaha. Sosialisasi pendidikan anti korupsi untuk guru PKN dan yang lainya.

Penyerahan Cinderamata dari Walikota kepada pimpinan KPK-an

Walikota Mojokerto HJ.Ika Puspitasari, SE menyambut gembira dan menyampaikan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya karena Kota Mojokerto terpilih sebagai salah satu tujuan roud show kali ini. “Saya berharap agar waktu 2 (dua) hari tanggal 9 dan 10 juli ini  keberadaan Bus KPK RI di Kota Mojokerto dapat dimaksimalkan bukan hanya pemerintah tetapi juga masyarakat umum, anak-anak pelajar dan mahaiswa. Melalui kegiatan-kegiatan yang menarik. Jika sejak dini ditanamnkan kedepan generasi bangsi akan lebih memiliki integritas” pesan Walikota.

Secara resmi pembukaan Rous Show ini ditandai dengan Pemukulan Gong oleh Walikota Mojokerto didampingi oleh pimpinan KPK dan anggota Forkopimda, serta Wawali dan Sekdakot serta pimpinan instansi vertikal. Dilanjutkan dengan penyerahan cindera mata oleh Walikota Mojokerto dan Pimpinan KPK. (an)

Print Friendly, PDF & Email