Asisten administarsi umum memimpin tim kunjungan ke rumah warga-an

MOJOKERTO – GEMA MEDIA : Pemberantasan Sarang Nyamuk (PSN) terintegrasi yang dilaksanakan pada jumat (5/7/2019) bertempat di Sinoman Gg. 8 Kelurahan Miji Kecamatan Kranggan Kota Mojokerto, Angka Bebas Jentik (ABJ) mencapai 90 %.  Angka tersebut berdasarkan hasil pantauan langsung dari rumah kerumah warga setempat utamanya yang ada di RT.02/RW.01.  Selain itu masalah lain yang menjadi pantauan tim seperti yang dirangkum oleh Sunanto Lurah Miji, diantaranya ditemukan Lansia yang menderita patah Tulang, Lansia Sebatangkara, Lansia yang tidak mau berobat secara teratur,  masih ada juga warga yang BABS karena tidak memiliki Septitank, ada pengepul yang menimbun sampah dan tidak segera dijual.

Menanggapi hal tersebut, Drs. Subambihanto, M.Si Asisten Administrasi Umum menwakili Walikota Mojokerto yang berhalangan hadir,  menyampaikan bahwa, masalah-masalah tersebut harus segera ditindaklanjuti.  Khusus terhadap warga yang sakit baik itu lansia atau warga yang lain Asisten meminta kepada dr. Lily Nurlaily Kepala Puskesmas Kranggan yang juga hadir saat itu untuk segera membantu.

Dr. Hesty sekretaris Dinkes sedang mengamati kebersihan ayam dalam kandan

Subambihanto yang juga ikut  turun langsung bersama Sekretaris Dinas Kesehatan dan  pimpinan OPD serta kader Motivator sempat bertemu dengan salah satu warga yang memiliki usaha makanan ringan (Camilan). Melihat hasil produksi makanan  tersebut, pihak Dinkes juga menyarankan agar tetap menjaga  nilai-nilai kesehatan dan menghindari bahan tambahan makanan berbahaya. Di rumah ini tim menemukan positif jentik.  Untuk ini kontan saja bak mandi mereka dibrol airnya agar jentik segera mati.

Mengingat bahaya nyamuk aedes aegepty, diingatkan terus kepada seluruh warga agar senantiasa melakukan BABS. Melaui PSN terintegrasi setiap hari jumat diharapkan bebas dari jentik-jentik nyamuk penyebab Demam Berdarah tersebut. “Kota Mojokerto sudah menjadi percontohan nasional dalam memberantas penyakit DBD melalui gerakan PSN terintegrasi” terang Bambi.

Menutup kegiatan dengan foto bersama-an

Saat menyampaikan sambutan  Bambi menekankan agar warga giat untuk melakukan kerja bhakti. Terlebih lagi saat ini musim hujan , kerja bhakti dimulai dari  rumahnya sendiri dan lingkungan sekitar, katanya.  Kepada ketua RT/RW Bambi juga menyampaikan terima kasih atas kerja keras dan kepedualianya sebagai Garda pemerintahan terdepan. “jadi RT/RW kalau bekerja baik tidak dipuji tapi kalau salah Jadi bahan pergunjingan” katanya sambil tersenyum. Bambi juga sangat mengapresiasi semangat kader motivator, pemuda inspiratif dan segenap tokoh masyarakat setempat. (an)

Print Friendly, PDF & Email