MOJOKERTO-GEMA MEDIA: Pada era milenial kali ini, peran generasi muda sangat penting dalam mencegah narkoba. Generasi Muda harus mempunyai imunitas dalam dirinya. Ini artinya kaum milenia memiliki  kekebalan atau keberanian mencegah/menolak pengaruh Narkoba. Sesuai tema Peringatan Hari Anti Narkotika Internasional (HANI) tahun ini, diharapkan generasi muda saat ini akan memimpin Indonesia emas tahun 2045 tanpa Narkoba.  “ supaya Indonesia nanti pemimpinnya hebat-hebat karena tanpa narkoba”. Hal itu disampaikan oleh Brigjen Bambang Priambada, SH,M.Hum Kepala BNN Provinsi Jawa Timur saat ditemui awak media di kantor BNN Kota Mojokerto, sabtu 22/6/2019.

Bambang panggilan akrab Brigjen ini,  hadir dalam kegiatan Fun Bike dalam rangka HUT Bhayangkara  ke 73, HUT Kota Mojokerto ke 101 serta peringatan HANI 2019.

Walikota, Wakil Waikota, Sekdakot, KaBNN, Kapolresta, Dandim, Danrem, Denpom saat di ruang BNN Kota Mojokerto-an

Lebih lanjut Bambang menjelaskan, strategi yang dilakukan oleh BNN untuk mencegah penyalagunaan Narkotika adalah pencegahan, untuk ini masyarakat harus berani menolak.  Pemberantasan dengan potong jalur jual beli. “siapa yang jual ditangkap, siapa yang  beli  ditangkap dan siapa yang menyimanpun juga ditangkap” tegasnya. Sedangkan yang sudah terlanjur menggunakan dan bersedia melaporkan atas kesadaran diri sendiri akan direhabilitasi oleh BNN sampai sembuh dan tidak dipungut biaya bahkan tidak dituntut hukumannya.

Diakui oleh Bambang bahwa, peredaran Narkoba di Kota Mojokerto mengalami peningkatan. Sebab jaringan yang ada memang masuk Mojokerto. Contohnya beli di Sidoarjo dijual di Mojokerto demikian sebaliknya dan ada di kendalikan di Lapas Madiun. Sehingga oleh BNN Provinsi Jawa Timur dipilah-pilah untuk bagi tugas. Banyaknya kasus yang terungkap baik di Mojokerto dan Jawa Timur merupakan bagian dari keaktifan petugas. “ketika petugas diam saja, maka tidak tahu meningkat atau tidak” katanya.

Kaum Milenia kader anti Narkoba foto bersama Forkopimda-an

Ditambahkan oleh AKBP Suharsi, SH Kepala BNN Kota Mojokerto bahwa, untuk tindakan pencegahan terhadap kaum milenia, pihaknya sudah bekerjasama dengan sekolah tingkat SMP dan  tingkat SMA se-Kota Mojokerto melalui kurikulum terintegrasi, sosialisasi, dan melibatkan pelajar dalam kegiatan yang kreatif dengan mengusung tema tentang anti Narkotika.  Pesan Suharsi pada peringatan HANI tahun ini agar para kaum Milenial untuk bisa menolak Narkoba, memberikan imunitas diri sendiri dan keluarga  serta lingkungannya untuk menjahui narkoba, pungkasnya. (an)

Print Friendly, PDF & Email