Kapolres Mojokertokota mengawal penataan =anberkas

MOJOKERTO – (GEMA MEDIA) – Terkait surat KPU Provinsi Jawa Timur nomor 185/PY.01.1-SD/35/Prov/VI/2019 tentang penyusunan alat bukti, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Mojokerto melaksanakan kegiatan pembukaan kotak suara pemilu yang dilaksanakan di Kantor KPU Kota Mojokerto, Jalan Pahlawan, Kota Mojokerto (8/6/2019).

Kegiatan ini dihadiri oleh seluruh komisioner KPU, Bawaslu, Saksi dari masing-masing pendukung Pilpres serta Polres Mojokerto Kota. Menurut Sukrisno Adi, salah satu komisioner KPU Kota Mojokerto, kegiatan ini mengacu perintah dari KPU RI yang diturunkan secara bertahap dari pusat hingga ke daerah tingkat kabupaten/kota. “Ada edaran dari KPU RI nomor 888/PY.01.1-SD/03/KPIU/V/2019 perihal kegiatan penyelesaian perkara perselisihan hasil pemilihan umum presiden dan wakil presiden tahun 2019, maka kita berkewajiban untuk segera menyerahkan berkas yang diperlukan,” kata Sukrisno Adi.

Kapolres Mojokerto Kota didampingi Wakapolres saat mengawal proses penataan berkas surat suara.-ron

Berkas yang akan dipakai sebagai alat bukti tersebut antara lain salinan formulir Model DA-KPU, DAA1-PPWP, Model DA1-PPWP, DA2-KPU, Model DA TT-KPU dan Model DA.DH-KPU. Selain itu ada juga Model DB-KPU, Model DB1-PPWP, Model DB2-KPU, Model DB.TT-KPU serta Model DB.DH-KPU. “Seluruh berkas tersebut kita leges dan digandakan lalu dikirimkan ke KPU Provinsi Jaw Timur yang rencana hari ini juga akan dikirim dengan pengawalan dari pihak kepolisian,” ungkapnya.

Sementara itu, guna kelancaran dan keamanan proses penyusunan alat bukti dengan membuka kotak suara serta menggandakannya, pihak Polres Mojokerto Kota turut serta dalam pengawalan dan pengawasannya.

Dipimpin langsung oleh Kapolres Mojokerto Kota, AKBP Sigit Dany Setiyono, SH, SIK, M.Sc (Eng) didampingi oleh Wakapolres serta beberapa PJU, melakukan pengawalan mulai proses membuka kotak suara, meleges, menggandakan hingga pengiriman ke KPU Provinsi Jawa Timur. “Kita melakukan pengawalan dan pengamanan proses penyusunan alat bukti agar berjalan dengan lancar. Kegiatan yang dilakukan saat ini mengacu pada surat dari KPU RI. Ada suratnya,” kata Sigit, sapaan akrab Kapolres Mojokerto Kota.(Ron/an)

Print Friendly, PDF & Email