Komisioner KPU dan Sekretariat KPU saat evaluasi Pemilu 2019-an

MOJOKERTO-GEMA MEDIA :  salah satu tolak ukur suksesnya penyelenggaraan Pemilu adalah tinkat partisipasi masyarakat.  Sejauhmana  masyarakat sebagai pemilih dapat menggunakan hak pilihnya dalam pesta demokrasi tersebut.  Untuk mengetahui sejauhmana tingkat partisipasi masyarakat, KPU Kota Mojokerto menggelar evaluasi partisipasi masyarakat dalam Pemilu 2019.

Evaluasi yang digelar di Hotel De Resort Mojokerto,pada selasa 28/5/2019 menghadirkan seluruh unsur penyelenggara Pemilu di jajaran KPU Kota Mojokerto. Diantaranya adalah, PPK, PPS, Sekretariat PPK dan PPS, Relawan Demokrasi dan Tim Situng lengkap dengan kehadiran Komisioner KPU beserta jajaran secretariat dan juga tenaga pendukung KPU Kota Mojokerto.

peserta evaluasi dari unsur penyelenggara Pemilu di Kota Mojokerto-an

Sukrisno Adi Komisioner KPU yang membidangi divisi hukum membuka acara ini menuturkan, tahapan demi tahapan penyelenggaraan Pemilu di Kota Mojokerto berjalan dengan lancar dan sampai saat ini tidak ada masalah dan semoga sampai penetapan nanti juga tetap aman dan kondusif.  “Ini semua berkat kerjasama seluruh unsur penyelenggara Pemilu di Kota Mojokerto. Ucapan terima kasih kepada teman-teman PPK dan PPS berikut KPPS yang telah bekerja keras demi suksesnya Pemilu di Kota Mojokerto” terang Sukrisno Adi.

Hal senada juga disampaikan oleh Tri Widya Kartikasari Komisioner KPU yang membidangi Perencanaan dan Data bahwa, menunggu penetapan dari Makamah Konstitusi tanggal 4 Juli 2019 nanti sampai saat ini KPU Kota Mojokerto tidak disebut terkait dengan adanya gugatan dari peserta Pemilu. “ Semoga saja tidak ada masalah sampai penetapan nanti” kata Diah.

Demikian juga disampaikan oleh Imam Buchori komisioner KPU yang membidangi teknis penyelenggaraan, memberikan apresiasi kepada semua teman-teman selaku mintra dari KPU Kota mojokerto yang dengan sungguh-sungguh bekerja sesuai dengan ketentuan dan peraturan perundangan yang ada hingga semua berjalan dengan lancar.

Terkait hasil evaluasi disampaikan oleh Roshidi Idom komisioner KPU yang membidangi logistic dan keuangan, menyimpulkan bahwa berdasarkan data yang ada, dari 3 Kecamatan maka tingkat partisipasi masyarakat yang paling tinggi adalah wilayah Kecamatan Prajuritkulon.  Secara umum tingkat nasional tingkat partisipasi masyarakat mengalami peningkatan dibanding dengan Pemilu sebelumnya. Data KPU Kota Mojokerto Pemilu 2019 tingkat partisipasi masyarakat untuk Pilpres  mencapai 86,79 % dibanding lima tahun sebelumnya mencapai 78, 26 %. Sedangkan untuk Pileg tahun 2019 tingkat partisipasi masyarakat mencapai 86,46 % dibanding Pileg tahun 2014 mencapai 84,14 %. Usai menyampaikan evaluasi dilanjutkan dengan buka puasa bersama.(an)

 

Print Friendly, PDF & Email