foto bersama pasca penilaian pemaparan dengan tim juri dan rombongan kota Mojokerto-an

MOJOKERTO-GEMA MEDIA : Lomba Kelurahan Berhasil tingkat Provinsi Jawa Timur tahun 2019 ini , Kelurahan Kranggan maju mewakili kota Mojokerto. Pentahapan lomba dimulai dari tahap penilaian administrasi, terlebih dahulu Kelurahan Kranggan telah menyerahkan dokumen kegiatan dan telah dinyatakan lolos oleh tim juri.

Dari sejumlah peserta Kab/Kota se-Jawa Timur yang telah tersaring sebanyak 8 Desa dan 6 Kelurahan 1 diantaranya adalah Kelurahan Kranggan Kota Mojokerto. Tahap penilaian pemaparan Kota Mojokerto telah dijadwalkan pada senin,13/5/2019.  Dalam pemaparan kali ini langsung disampaikan oleh Lurah Kranggan Sudarmadji, SH didampingi oleh Mansyur  ketua LPM Kelurahan Kranggan , serta ketua Tim Penggerak PKK Kelurahan Kranggan bertempat di Ruang Rapat Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa Provinsi Jawa Timur.

dari kiri : Ketua LPM, Ketua TP PKK dan Lurah Kranggan-an

Ani Wijaya, SE, MM Plt. Kabag. Pemerintahan, melalui M.Apri Lutfi Kasubag Pemerintahan Umum  saat dikonfirmasi mengatakan, sesuai Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 81 tahun 2015 tentang petunjuk evaluasi perkembangan Desa/Kelurahan, maka salah satu syarat untuk bisa mengikuti evaluasi Kelurahan berhasil adalah sudah mengisi profil desa kelurahan (Prodeskel) minimal 2 (dua) tahun terakhir. Untuk prodeskel ini dapat diakses secara terpusat, kata Lutfi.

Dipilihnya Kelurahan tahun ini, dikarenakan sudah berhasil mengikuti seleksi tingkat Kota yang menyisihkan Kelurahan Kauman duta dari Kecamatan Prajuritkulon dan Kelurahan Magersari duta Kecamatan Magersari.

Lebih lanjut Lutfi menegaskan,  Lomba Kelurahan ini dimaksudkan untuk mengetahui sejauhmana peningkatan dalam layanan public, serta inovasi-inovasi pembangunan yang berbasis masyarakat.  Selain itu juga untuk mengetahaui efektifitas kegiatan layanan di Kelurahan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Terkait peningkatan layanan berbasis teknologi informasi menurut Lutfi, “ini sudah menjadi progres kedepan setiap Kelurahan diharapkan sudah memiliki website yang terupdate datanya. Demikian juga dengan data kependudukan berbasis aplikasi” terangnya.

dewan juri selaku tim penilai- an

Turut mendukung dalam presentasi kali ini, Asisten Administrasi Umum Drs. Subambihanto,M.Si, Camat kranggan dan Lurah Se-Kecamatan Kranggan.Dalam paparannya, Lurah menyampaikan tentang potensi dan inovasi yang sudah dilakukan oleh Kelurahan Kranggan, diantaranya bidang Pemerintahan, Kewilayahan, dan Kemasyarakatan. Keberhasilan dan Prestasi Kelurahan juga dimunculkan untuk dapat menambah poin plus, baik itu bidang kesehatan, pendidikan, lingkungan hidup termasuk pengembangan budaya lokal dan kesenian tradisional.

Motto Kelurahan Kranggan tuntas, Tertib, Unggul., Nyata, Tanggap dan Sejahtera. Setelah tahap paparan ini, akan dipilih 4 (empat) Kelurahan untuk  penilaian lapang selanjutnya akan ditentukan kejuaraan I,II,III dan juara harapan. Dalam paparan kali ini Lurah harus berhadapan dengan 15 orang Juri dari bebagai OPD di Jawa Timur (an)

 

Print Friendly, PDF & Email