Amin Wachid, S.Sos, MM kepala Dinas Pendidikan Kota Mojokerto memberikan sambutan

Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen bahwasannya mengenai Standar Kompetensi Guru mewajibkan adanya uji kompetensi bagi setiap tenaga pendidik. Untuk meningkatkan kualitas guru, perlu dilakukan suatu sistem pengujian terhadap kompetensi guru. Untuk mewujudkan itu semua Dinas Pendidikan Kota Mojokerto, Jumat (3/5/2019) di Hotel Raden Wijaya telah memberikan Pembekalan Awal Peserta Seleksi Kepala Sekolah dan Guru Berprestasi yang di ikuti oleh 260 orang.

Amin Wachid, S.Sos, MM kepala Dinas Pendidikan Kota Mojokerto dalam sambutan Pembukaan kegiatan tersebut menjelaskan bahwa Kepala Sekolah berprestasi adalah Kepala Sekolah yang memiliki kemampuan, kepribadian terpuji, manajerial, kewirausahaan, supervisi dan berjiwa sosial serta memiliki pemahaman wawasan pendidikan yang utuh untuk meningkatkan mutu pendidikan serta mampu memberi manfaat bagi lingkungna dan masyarakat luas, Standar Kompetensi guru ini dikembangkan secara utuh dari empat kompetensi utama, yaitu kompetensi pedagogik, kepribadian, sosial, dan profesional.

Pembekalan Awal Peserta Seleksi Kepala Sekolah dan Guru Berprestasi

Keempat kompetensi tersebut terintegrasi dalam kinerja guru, dengan adanya kegiatan ini kualitas dan kinerja Kepala Sekolah dan Guru diharapkan dapat memenuhi Standar Nasional (Kualifikasi Guru telah dijelaskan dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 tahun 2005 tentang Guru dan Dosen. Disamping itu untuk memberikan penghargaan dan pengakuan kepada Kepala Sekolah dan Guru yang secara nyata berprestasi, termasuk kegiatan pendukung yang hasilnya dapat bermanfaat bagi peningkatan kualitas pendidikan, meningkatkan motivasi lebih cerdas secara berkelanjutan di kalangan kepala sekolah dan guru untuk terus “belajar dan bekerja lebih cerdas” guna menciptakan kinerja yang lebih produktif, mendorong inovasi dan kreativitas dalam menciptakan suasana sekolah yang kondusif baik bagi para pendidik, peserta didik dan tenaga kependidikan lainnya, serta menumbuhkan kebanggaan di kalangan kepala sekolah dan guru terhadap profesinya.

Menurut Orbaniatin Istikhoma, SH, M.Si Kabid Pendidik dan Tenaga Kependidikan Dinas Pendidikan Kota Mojokerto tujuan dilaksanakan kegiatan adalah untuk memberikan penghargaan dan pengakuan kepada guru yang secara nyata berprestasi dalam melaksanakan tugasnya yang hasilnya dapat bermanfaat bagi peningkatan mutu pendidikan dan untuk meningkatkan motivasi, inovasi dan kuantitas kerja para guru secara berkelanjutan guna menciptakan kinerja yang lebih produktif. Adapun Narasumber dalam kegiatan : Nanung dari Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur dan Dr. Harmanto, M.Pd Dosen Fakultas Ilmu Sosial dan Hukum Universitas Negeri Surabaya. (Sef/yuk).

Print Friendly, PDF & Email