Pembukaan Pelatihan Desain Alas Kaki bagi IKM Alas Kaki

Upaya Pemerintah Kota Mojokerto dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat, melalui Disperindag Kota Mojokerto telah melaksanakan Pelatihan Desain Alas Kaki bagi IKM Alas Kaki yang ada di Kota Mojokerto Senin (6/5/2019) di Aula Disperindag Kota Mojokerto yang di ikuti oleh 20 orang IKM, yang di buka oleh Drs. Miftahul Huda Sekretaris Disperindag Kota Mojokerto. Dalam sambutan pengarahannya menjelaskan bahwa kegiatan seperti ini sebaiknya harus dilaksanakan minimal 20 hari, tidak cukup hanya 5 (lima) hari, karena ini memerlukan waktu yang cukup, karena harus mendesain, membuat kop sekaligus menjahit sampai jadi, agar nantinya sepatu dapat dipakai bisa enak dan nyaman. Diharapkan para peserta dapat mengikuti dengan baik, jika tidak bisa/tidak mengerti jangan sungkan untuk bertanya kepada instruktur agar nantinya dapat menghasilkan produk/sepatu yang enak dan nyaman dipakai. Kebanyakan sepatu kita jika dijual di luar pulau nomornya tidak cocok, seperti di Palembang waktu pameran, sepatu kita nomornya tidak cocok dengan kaki orang Palembang (kekecilan) untuk itu kita sebagai pengusaha (IKM) harus mengetahui nomor-nomor sepatu yang dibutuhkan oleh masyarakat luas.

Sekretaris Disperindag menyerahkan peralatan kepada peserta

Sementara itu dari Aprisindo Ali Mas’ud mengatakan bahwa Pelaksana Pelatihan Desain Alas Kaki tidak bisa di ikuti secara separuh-separuh artinya kita harus dari awal mengikutinya, karena membuat desain merupakan hal yang paling penting dalam pembuatan sepatu, enak dan nyamannya pemakaian sepatu di kaki kita tergantung dari desain yang kita buat, jika salah dalam pembuatan desain maka akan berpengaruh terhadap hasil produksi kita. Biasanya pelatihan pembuatan desain seperti ini harus dilaksanakan 20 (dua puluh) hari, itupun pesertanya harus sudah punya basic persepatuan/alas kaki, untuk itu kali ini peserta harus benar-benar mengikuti dengan baik, ikuti dengan sepenuh hati jangan separuh-separuh agar bisa menghasilkan produk yang enak dan nyaman dipakai, kita harus bisa menghilangkan imets sepatu Mojokerto yang kurang enak dipakai/kurang baik.

Sekretaris Disperindag foto bersama dengan narasumber dan peserta

Menurut Sugiarti Ketua Pelaksana tujuan dilaksanakan Pelatihan untuk meningkatkan pengetahuan peserta IKM Alas kaki tentang perkembangan Desain Alas Kaki khususnya sepatu dari waktu ke waktu, meningkatkan peserta IKM Alas Kaki dapat melihat beberapa hal sebagai inspirasi/ide dalam pembuatan Design sepatu, peserta IKM Alas kaki mengetahui bahan/peralatan utama dan bahan.peralatan bantu untuk pembuatan sepatu, meningkatkan peserta IKM Alas Kaki dapat berinovasi lebih kreatif dalam pembuatan design alas kaki yang akan diproduksi, IKM alas kaki memahami cara membuat pecah pola sepatu sesuai dengan bentuk desain sepatu yang telah dibuat pola jadinya, meningkatkan IKM alas kaki memahami teknik menggambar desain dan pola sepatu. Untuk pelatihan kali ini mendatangkan Instruktur/Narasumber : Tenaga Ahli 2 (dua) orang dari Aprisindo. (Sef/yuk).

Print Friendly, PDF & Email