Penulis :Dr Windu Santoso, S.Kp, M,Kep. Contact: windusantoso36@gmail.com Doktor Keperawatan Alumnus Universitas Indonesia Staf Pengajar Stikes Bina Sehat dan Koordinator Tatanan 8 Forum Kota Sehat Kota Mojokerto Motivator Perubahan dan Konseling Keperawatan Thanks Institute Indonesia

MOJOKERTO-GEMA MEDIA :Romadhon adalah bulan penuh berkah, penuh ampunan dan penuh peluang bagi umat muslim untuk melakukan perubahan, Selama satu bulan ke depan umat muslim akan menjalani training perubahan perilaku, bahkan akan sangat mungkin melakukan reschedule life style.  “ Hari ini lebih baik dari hari kemarin dan besuk lebih baik dari hari ini merupakan satu prinsip yang seharusnya menjadi pegangan  bagi setiap muslim.

Tingginya angka kejadian PTM (penyakit Tidak Menular) hipertensi, jantung, stroke, diabetes melitus  berdasarkan hasil Riskesdas (Riset Kesehatan Dasar) 2018, dan terjadinya peningkatan dibanding tahun 2007 dan 2013, perlu menjadi perhatian kita bersama. Umat muslim merupakan mayoritas di Indonesia, jika romadhon ini dijadikan titik tolak dalam upaya perubahan perilaku khususnya perilaku hidup sehat yang meliputi: pola makan sehat yang halal dengan banyak konsumsi buah dan sayur, mengatur pola tidur, pola aktivitas olahraga 30 – 60 menit setelah sholat subuh, berhenti merokok, menghindari  konsumsi alkohol, mengelola stress, latihan mengendalikan diri, belajar berfikir positif, mengikuti berbagai kajian ilmu agama dan berbagai aktivitas positif lainnya, sangat mungkin akan terjadi perubahan yang luar biasa pada bangsa dan negeri ini.

Berbagai riset menunjukkan bahwa penurunan tekanan darah dapat terjadi jika seseorang melakukan upaya perubahan pola hidup (life style). Berdasarkan  pengalaman penulis tidur setelah sholat isya’ pukul 20.00 WB dan bangun sekitar pukul 02.00 WIB sebenarnya sudah terpenuhi kebutuhan tidur kita. Sekitar 30 orang responden yang diminta melaporkan pola tidur dan lama waktu tidur melaporkan rata-rata waktu tidur 5,8 jam semalam sudah dirasakan sebagai waktu tidur yang cukup bagi mereka yang tidur antara pukul 20.00 – 02.00 WIB. Perubahan pola makan ternyata juga sangat mudah dilakukan dan hal ini sangat bermanfaat bagi pengendalian gula darah dan tekanan darah, yang pada akhirnya sangat baik bagi penderita penyait kronis seperti hipertensi, dan diabetes melitus.

Untuk melakukan perubahan ini tentu saja sangat mudah, kita hanya perlu sedikit keluar dari zona nyaman kita, kita harus terbiasa meninggalkan kebiasaan buruk kita dan belajar menemukan kebiasaan baru yang lebih baik dan sehat. Misal setelah sholat subuh, kecenderungan kebanyakan orang akan tidur lagi, nah kita harus coba sekarang setelah sholat subuh berjamaah lanjutkan dengan jalan sehat 30-60 menit setiap hari, insyaalloh anda akan merasakan perubahan yang luar biasa. Mungkin pada awalnya anda akan merasa sangat mengantuk dan lemas, malas dan sebagainya, karena anda memang sedang keluar dari zona nyaman. Saran saya terus bergerak dan pertahan perubahan perilaku baik yang telah anda dapatkan sehingga pada akhirnya akan menjadi kebiasaan baru anda dan pada akhirnya anda akan menemukan zone nayaman yang baru. Berubah secara bertahap dari perilaku yang termudah dan paling anda sukai, sehingga perubahan itu akan anda nikmati, Rasakan sebagi suatu nikmat dari Alloh SWT, sehingga akan anda syukuri dan enjoy. Lakukan terus semua hal yang lebih positif sehingga anda akan berubah menjadi manusia yang lebih baik selama bulan romadhon. Maka betapa indahnya jika romadhon tahun ini kita dapat kita manfaatkan untuk hijrah menjadi manusia yang sehat jasmani dan rohani, manusia Indonesia yang kuat secara fisik, physikologi, sosial. dan spiritual

Ketika kita sudah berhasil berhijrah mengimplementasikan hidup sehat, maka mari kita pertahankan untuk waktu yang lebih lama. Hal penting yang harus dilakukan adalah memelihara dan mempertahan perubahan perilaku selama bulan romadhon  untuk bulan-bulan selanjutnyanya sehingga menjadi perilaku baru, kebiasaan baru yang lebih sehat. Hikmah perubahan perilaku ini adalah emas yang tidak ternilai harganya. Selamat mencoba semoga bermanfaat dan share sehingga kita menjadi bangsa yang sehat dan lebih baik.(winsan,2019)

 

 

Print Friendly, PDF & Email