Petugas Dishub dan Polresta sedang memberikan layanan uji emisi kepada pemilik kendaraan-an

MOJOKERTO-GEMA MEDIA: Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Mojokerto  melaksanakan program uji emisi gratis, jumat 3/5/2019. Uji emisi gratis kali ini diperuntukan bagi kendaraan pribadi yang kebetulan melintas di jln. Raya Baypas km 55 tepatnya di depan kantor Dinas Perhubungan Kota Mojokerto.  Petugas Dishub dibantu petugas Satlantas Polres Mojokerto Kota, melakukan penghentian pemilik kendaraan pribadi baik yang lama maupun kendaraan baru. Setelah dihentikan dan diarahkan menuju halaman Dishub masuk ditempat pendaftaran dan menuju lokasi uji yang sudah disambut dengan ramah oleh petugas Dishub.  Saat peralatan uji digunakan, saat itu juga hasilnya bisa diketahui apakah kendaraan tersebut gas buangnya memenuhi syarat kesehatan atau tidak.

Menurut Agustuti Rosyid, SE,M.Si Kepala Bidang Angkutan Sarana dan Prasarana Dishub Kota Mojokerto bahwa, kendaraan yang sudah diuji langsung bisa diketahui hasilnya.  Jika memenuhi syarat atau lolos langsung diberikan stiker dan ditempel di kendaraan tersebut.  Jika hasil uji tidak layak, maka diberikan rekomendari agar kendaraan tersebut melakukan turn up atau tindakan lainnya agar lebih layak untuk dikemudi.

Kabid ASP Dishub sedang menunjukkan salah satu kendaraan yang tidak lolos uji dan telah diberikan surat rekomendasi-an

Adapun program uji emisi gratis kali ini, kata Tutik panggilan akrabnya, adalah yang pertama kalinya di tahun 2019. Sebanyak 50 unit kendaraan pribadi  yang melintas baik itu warga kota atau bukan, baik kendaraan lama atau baru.  Selanjutnya masih kata Tutik, masih ada 2 (dua) kali lagi pemeriksaan gratis ini.  Menurut rencana akan dilaksanakan dalam rangka hari Jadi Kota Mojokerto pada bulan juni nanti dan yang ketiga pada akhir tahun.

Uji emisi gas buang kendaraan roda empat kali ini sesuai Peraturan Pemerintah Nomor 55 tahun 2012. Peralatan uji milik Dishub Kota Mojokerto telah memenuhi syarat dan akurat  serta telah bersertifikat dari Direktur Jenderal Perhubungan Darat RI sejak tahun 2018 lalu hingga saat ini.

Petugas Satlantas Polresta dan Dishub telah mengarahkan kendaraan di kawasan Baypas untuk memasuki tempat pegujian Dishub-an

Hadir pula dalam kegiatan tersebut Karen Kanit Laka Polres Mojokerto Kota, menurutnya hasil uji emisi kendaraan ini merupakan kewenangan dari Dishub untuk memberikan Rekomendasi.  Selain sesuai ketentuan UU lalu lintas, Dampak dari gas buang yang dihasilkan juga terkait dengan UU Lingkungan Hidup yang berdampak pada kesehatan masyarakat, tambah Karen.(an)

Print Friendly, PDF & Email