Ketua KPU Kota Mojokerto saat memberikan sambutan-an

MOJOKERTO – (GEMA MEDIA) – Pemilu 2019 memasuki tahapan penghitungan di tingkat Kota. Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Mojokerto menggelar penghitungan suara tingkat Kota di Aula Damar Wulan, Hotel Raden Wijaya, Jalan Raden Wijaya, Kota Mojokerto, Senin (29/4/2019).

Dalam sambutan, Ketua KPU Kota Mojokerto, Saiful Amin, menyampaikan menurut PKPU No 7 tahun 2019 tentang Tahapan, bahwa saat ini sudah memasuki tahapan penghitungan tingkat KPU Kabupaten/kota yang bisa dilakukan antara tanggal 22 April 2019 sampai 7 Mei 2019. “Kami bersepakat bahwa rapat pleno terbuka rekapitulasi penghitungan suara tingkat kota dilaksanakan pada hari ini,” katanya. Perlu diketahui oleh seluruh saksi dan masyarakat umum bahwa apa yang beredar di media sosial maupun di media massa tentang perolehan suara partai politik dalam hal ini terutama nama-nama yang kemudian disebut sebagai calon kuat sebagai Anggota DPRD Kota Mojokerto belum final.

para saksi peserta Pemilu 2019 sedang mengikuti prosesi penghitungan-an

Hal ini disampaikan oleh Amin, sapaan akrab Ketua KPU Kora Mojokerto, di dalam sambutannya. “Nama-nama yang beredar di medsos maupun media massa tidak mempunyai kekuatan hukum. Karena sampai saat ini, KPU Kota Mojokerto baru akan melaksanakan rekapitulasi perolehan suara,” tegasnya.

Masih lanjut Amin, bila kemarin sudah banyak bermunculan di medsos dan media massa terkait nama-nama calon anggota DPRD Kota Mojokerto, itu tentu belum bisa pastikan. Dalam hal ini, jika nantinya setelah tahapan rekapitulasi ini selesai dan tidak ada masalah maka baru bisa dianalisa siapa saja yang akan melanggang ke gedung dewan. “Perlu kami tegaskan, jika ada perubahan nama-nama yang sudah beredar di medsos atau media massa, pada dasarnya itu bukan KPU yang merubah,” tandasnya.

Pembacaan perolehan suara dimulai dari PPK Prajuritkulon-an

Amin menengaskan, bahwa KPU tidak berwenang untuk merubah hasil rekapitulasi. Yang terlebih lagi, masyarakat perlu memahami bahwa nama-nama yang beredar di media massa bukanlah hasil dari rekapitulasi yang dilakukan oleh KPU. “Semoga rekapitulasi penghitungan suara tingkat Kota pada hari ini bisa berjalan lancar dan tidak ada kendala,” pungkasnya. (Ron/an)

Print Friendly, PDF & Email